FeaturesNasional

Pemudik Lebaran Mulai Padati Stasiun Pasar Senen

JAKARTA. SENAYANPOST.com – Memasuki minggu ketiga Ramadan 2018, Stasiun Pasar Senen Jakarta mulai ramai hari ini Minggu (3/6/2018). Naiknya jumlah penumpang dipengaruhi oleh libur akhir pekan panjang sekaligus libur anak sekolah.

Kepala Humas PT KAI DAOP 4 Edy Koeswoyo mengatakan jumlah penumpang yang naik dari Stasiun Pasar Senen sekitar 15 ribu orang. Angka itu terhitung sejak pemberangkatan pada Sabtu (2/6/2018).

Sementara jumlah penumpang pada hari ini (3/6) sampai pukul 10:00 WIB belum bisa diumumkan. Sebab pihak stasiun baru akan menghitung setelah keberangkatan terakhir malam hari.

Penumpang kereta api di Stasiun Pasar Senen berasal dari seluruh penjuru Jabodetabek. Kebanyakan dari mereka menumpang kereta dengan tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Calon penumpang duduk di lantai yang berada di depan loket boarding bersama keluarga. Ruang tunggu stasiun tampaknya tak cukup mengakomodir calon penumpang. Beberapa dari mereka juga membawa bungkusan atau koper besar-besar untuk ikut dibawa.

Untuk mengantisipasi, setiap loket dijaga setidaknya 2-4 sekuriti ditambah TNI bertopi baret oranye yang hilir mudik memastikan situasi agar tetap kondusif.

Edi Kuswoyo mengungkapkan saat ini memang belum terjadi lonjakan pemudik di Stasiun Pasar Senen. KAI memperkirakan terjadi lonjakan arus mudik dimulai H-10 hingga H+10.

Pada masa itu, diperkirakan Pasar Senen akan memberangkatkan 550.000 penumpang selama 22 hari. Namun jumlah itu belum semua, karena di luar tanggal 5 Juni dan setelah tanggal 26 Juni.

Setelah 7 Juni nanti, setiap harinya akan diberangkatkan kereta tambahan dari Pasar Senen hingga masa arus mudik selesai.

Meski demikian, seluruh tiket kereta api baik reguler maupun tambahan telah ludes pada H-90 hingga H-60 sebelum pemberangkatan kereta.

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close