Lintas Daerah

Pemudik Dari Surabaya Padati Bandara Juanda, Stasiun KA dan Terminal Bus

SURABAYA, SENAYANPOST.com – Pergerakan arus mudik dari Kota Surabaya mulai terlihat puncaknya Minggu (10/6/2018). Di Bandara Internasiomal Juanda suasana pulang kampung begitu terasa dengan mulai disesaki pemudik luar pulau.

Meskipun Hari Raya Idul Fitri masih 5 hari lagi, pemudik yang menggunakan jasa pesawat terbang sudah mulai kembali ke kampung halaman.

Dari pantauan di akses tol Waru-Juanda macet. Jika biasanya dari Waru ke Juanda via tol sekitar 10 hingga 15 menit, kali ini bisa memakan waktu 45 hingga 60 menit. Hal tersebut mengindikasikan bahwa banyak masyarakat yang menuju ke bandara.

Nuansa mudik juga terasa di area bandara. Di Terminal I Bandara Internasional Juanda, kursi-kursi sudah disesaki penumpang yang menanti proses boarding.

Kondisi tersebut bertolak belakang dengan pintu kedatangan. Tak banyak penumpang yang keluar dari dalam. Rata-rata warga yang tinggal di Surabaya memang didominasi perantau, sama seperti Jakarta.

Legal and Communication Section Head PT Angkasa Pura I Bandara Juanda Yuristo Ardhi Hanggoro menerangkan, lonjakan penumpang memang dimulai hari ini. Pihaknya memprediksi jumlah penumpang pesawat yang berangkat dari Juanda akan terus meningkat sejak Jumat (8/6/2018) hingga Minggu (10/6/2018).

“Banyak masyarakat yang pulang kerja langsung berangkat (mudik, red),” terang Yuristo.

Hal sama juga terjadi pada stasiun KA. Pada H-5 lebaran 2018, ratusan pemudik tampak memadati stasiun Gubeng Lama Surabaya, Minggu (10/6/2018). Mereka mengantre pemesanan tiket kereta, khususnya kereta api lokal seperti KA Penataran, KA Dhoho dan KRD.

Pengakuan beberapa pemudik, rata-rara mereka telah berada di stasiun sejak pukul 03.00 WIB. Mereka menunggu untuk mendapatkan nomor antrean tiket, yang dibuka mulai pukul 07.00 WIB. Untuk pelayanan tiket, dibuka pukul 09.00 WIB.

Sejak pagi, nomor antrian sudah habis. Banyaknya pemudik yang mengantre, membuat para pemudik lainnya yang tidak kebagian nomor antrian, harus pulang dan mengantre lagi besok harinya.

Suasana rame juga terlihat di terminal bus Purabaya, ratusan penumpang bus memadati tempat peberangkatan bus antar kota. Mereka dating sejak pagi dan lalulintas kawasan terminal Purabaya sangat padat dan macet. (MU)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close