Lintas Daerah

Pemudik Asal Jawa Manfaatkan Tol Trans Sumatera Lampung

LAMPUNG, SENAYANPOST.com – Kendaraan pemudik dengan kendaraan pribadi, bus antarkota antarprovinsi asal Pulau Jawa banyak melintasi Jalan Tol Lintas Sumatera ruas Pelabuhan Bakauheni-Desa Hatta, Lampung Selatan, Lampung, Minggu (10/6/2018).

Kendaraan yang menggunakan jalan tol sepanjang 9 kilometer tersebut terlihat antri di pintu masuk gerbang tol Pelabuhan Bakauheni menuju Desa Hatta. Sedangkan, kendaraan yang melintasi jalan tol dari arah Bandarlampung menuju Pelabuhan Bakauheni, terlihat masih sepi.

Walau masih menggunakan kartu elektronik untuk masuk gerbang tol, penggunaan jalan tol ruas Pelabuhan Bakauheni-Desa Hatta masih gratis. Petugas tol juga ada yang menjual kartu elektronik dengan harga Rp80.000 per kartu, dengan saldo Rp20.000.

Kondisi jalan tol di ruas Pelabuhan Bakauheni- Desa Hatta sepanjang 9 km itu terlihat baik. Sedangkan penerangan lampu jalan beberapa titik tidak menyala hingga menuju ke gerbang pintu masuk Pelabuhan Bakauheni.

Untuk angkutan lebaran, ASDP Cabang Bakauheni mencatat, sebanyak 44.180 penumpang diangkut menggunakan kapal feri, dengan rincian 40.116 penumpang di dalam kendaraan dan 4.064 pejalan kaki.

Sebaliknya, hingga H-5 Lebaran, Minggu (10/6/2018) pemudik asal Pulau Sumatera yang hendak pulang ke kampung halaman di Jawa mencapai 104.136 orang. Dari jumlah tersebut, pemudik yang menggunakan kendaraan mencapai 94.010 orang. Sedangkan penumpang pejalan kaki hanya 10.126 orang.

Jumlah ini mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan periode yang sama 2017 lalu. Tahun lalu, jumlah penumpang yang menyeberang ke Pulau Jawa sebanyak 102.839 orang. Namun, saat itu penumpang pejalan kaki lebih banyak, yakni 11.835 orang.

Diperkirakan, arus mudik ke Jawa bakal meningkat. Mengingat cuti bersama Lebaran tahun ini lebih panjang dan bersamaan dengan libur anak sekolah.

“Memang ada peningkatan pemudik yang ke Pulau Jawa,” kata General Manager PT ASDP Cabang Bakauheni, Anton Murdianto.

Sementara itu, untuk angkutan penumpang Perusahaan Umum Damri Cabang Lampung pada lebaran tahun ini telah mengoperasikan 18 bus cadangan untuk membantu mengangkut masyarakat yang ingin mudik ke kampung halamannya.

“Kami sudah menerjunkan 18 bus cadangan,” ujar General Manager (GM) Perum Damri Lampung, Boy Aryadi.

KOMENTAR
Tags
Show More
Close