Ekonomi

Pemprov Sumsel Tertibkan Izin Usaha Pertambangan

SUMSEL, SENAYANPOST.com – Agar tidak ada lagi usaha yang dianggap ilegal di Sumatera Selatan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel menertibkan izin usaha pertambangan energi sehingga tidak ada lagi usaha yang ilegal di daerah ini.

“Penertiban itu penting agar pendapatan daerah terdata dan keuangan bertambah. Dengan adanya IUP resmi, maka lingkungan dapat lestari,” kata Sekretaris Daerah Sumsel, Nasrun Umar, di Palembang, Senin (2/4/2018).

Pada rapat koordinasi bersama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Palembang tersebut, Sekda Nasrun Umar menyampaikan, selama ini jumlah izin usaha pertambangan batu bara dan migas mencapai 359 unit.

Ternyata, menurut dia, setelah dievaluasi izin usaha pertambangan itu yang memenuhi syarat 175 unit dan sekarang ini menjadi 130 izin usaha pertambangan (IUP).

Sementara, Ketua Tim Gerakan Nasional Penyelamatan Sumber Daya Alam, Bidang Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Dian Patria mengatakan, memang banyak usaha yang tidak memenuhi syarat sehingga izin tidak diberikan.

Ia mencontohkan, ada usaha pertambangan yang tidak memiliki NPWP sehingga mereka tidak bayar pajak. Pihaknya memang sepakat izin dipermudah asal usaha pertambangan memenuhi syarat.

Di samping permudah perizinan, jelas dia, informasi pelayanan publik juga dimaksimalkan, terutama masalah perizinan yang terkoneksi hingga kabupaten dan kota. Hal ini di antaranya untuk mengetahui perkembangangan usaha pertambangan yang ada.

KOMENTAR
Tags
Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close