Lintas Daerah

Pemprov Sumsel Tambah 3 Tower Wisma Atlet Jadi Rumah Sehat, Banyak Warga Minta Isolasi

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menambah tiga tower Wisma Atlet Jakabaring Palembang sebagai rumah sehat. Banyaknya permintaan warga untuk isolasi membuat Sebelumnya, dua tower lebih dulu difungsikan untuk menampung orang dalam pengawasan (ODP) dan orang tanpa gejala (OTG).

Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya mengungkapkan, tower yang disiapkan adalah tweet 4, 5, dan 6 yang semuanya berada di satu kawasan Jakabaring Sport City Palembang. Hal itu lantaran dua tower yang difungsikan nyaris penuh tetapi masih banyak warga yang mengajukan isolasi.

“Kami siapkan tiga tower tambahan sebagai rumah sehat. Kami penuhi permintaan warga karena banyak sekali ingin isolasi setelah ditetapkan PDP, ODP maupun OTG,” ungkap Mawardi, Rabu (3/6/2020).

Dia mengklaim Rumah Sehat Jakabaring mendapat sorotan dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pusat karena pelayanan diberikan kepada pasien jauh lebih baik dibanding daerah lain. Hal ini mendorong optimalisasi pelayanan dalam rangka memutus rantai penyebaran virus Corona.

“Awalnya banyak yang ragu soal keberadaan rumah sehat Jakabaring yang kami siapkan, tapi selama dua bulan beroperasi usaha kami tak sia-sia. Bahkan Gugus Tugas Covid-19 pusat menyebut ini yang terbaik,” ujarnya.

Menurut dia, penerapan layanan di Rumah Sehat Jakabaring sesuai protokol kesehatan, mulai dari penyambutan pasien, pengecekan, penempatan, hingga pemulangan. Hanya saja, orang yang masuk ke sana harus berdasarkan rekomendasi dari rumah sakit rujukan.

“Saya minta kabupaten dan kota di Sumsel mencontohnya untuk diterapkan di daerah. Itu membuktikan keseriusan pemerintah menghadapi pandemi,” kata dia.

Sementara itu, Ketua Harian Rumah Sehat Covid-19 Jakabaring Aufa Syahrizal mengatakan, saat ini ada 156 orang yang menjalani isolasi di tempat itu, terdiri dari 62 berstatus ODP dan 94 orang PDP atau OTG. Setiap kamar terdapat empat tempat tidur namun hanya dihuni satu orang, kecuali berasal dari satu keluarga.

“Semua pelayanan yang kami berikan gratis, dari kesehatan maupun konsumsi tiga kali sehari ditambah dua kali snack. Pelayanan maksimal sengaja kami berikan agar semuanya puas dan akhirnya sembuh,” pungkasnya.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close