Pemprov Jatim Sediakan 777 Bus Gratis untuk Pemudik

08:01
190

SURABAYA, SENAYANPOST.com — Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Jatim menyiapkan mudik gratis pada lebaran tahun ini. Sebanyak 777 bus berkapasitas 73.535 orang akan disiagakan untuk mengangkut calon pemudik.

Kepala Bidang Angkutan Keselamatan Jalan Dishub LLAJ Jatim, Isa Ansori mengatakan, bus yang disiapkan terdiri 530 bus dari Pemprov Jatim. Sedangkan, sisanya shuttle bus dan bantuan dari sponsor.

“Untuk tahap pertama, kami menyiapkan 10 ribu seat atau sekitar 174 bus yang diberangkatkan dalam dua hari, pada 22-23 Juni mendatang,” kata Isa saat dikonfirmasi, Minggu, 11 Juni 2017.

Isa menjelaskan, sebanyak 10 ribu seat itu akan diberangakatkan dari Dishub Jatim ke 20 daerah di Jatim. Sisanya dikerahkan untuk mudik gratis lainnya di berbagai daerah. “Bagi masyarakat yang ingin daftar, ada dua cara, via online atau offline,” jelas dia.

Cara offline, yakni dengan mendaftar langsung di kantor Dishub Jatim, Jalan Ahmad Yani, Surabaya. Calon pemudik diminta membawa fotokopi kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu keluarga (KK) saat mendaftar.

Cara online, yakni calon pemudik bisa mendaftar melalui website mudikgratis.dishub.jatimprov.go.id. Calon pemudik cukup mengunggah data pemindaian dokumen KTP atau KK serta STNK bagi pemudik sepeda motor. Dalam 1×24 jam, calon pemudik diminta memverifikasi datanya.

“Kalau sudah booking tiket, nanti akan diverifikasi oleh Dishub pada tanggal 9 Juni nanti,” ucap dia.

Bagi pemudik sepeda motor, Isra memastikan, tak ada penambahan kuota. Jumlahnya sama dengan tahun 2016, yakni 400 kursi yang diangkut dengan delapan unit truk.

“Untuk keberangkatan alias mudik, kami menyediakan bagi 350 unit menuju Banyuwangi, Jember, Madiun, Trenggalek, Tulungagung, dan Blitar. Untuk arus balik, kami menyediakan 50 unit ke Madiun,” ujar dia.

Isra menambahkan, Dishub Jatim juga menyediakan program mudik gratis menggunakan moda transportasi kereta api. Jumlahnya, 126.303 kursi untuk 138 perjalanan. Untuk jalur laut, Dishub Jatim memberikan fasilitas 24 perjalanan untuk 10.800 orang.

Tujuannya meliputi Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya-Pulau Masalembo, Pelabuhan Tanjung Wangi Banyuwangi-Pulau Sapeken, Pelabuhan Kalianget Sumenep-Pulau Kangean (kapal cepat), dan Pelabuhan Jangkar-Pulau Raas (kapal cepat).

Comments

comments