Lintas Daerah

Pemprov Jabar Terus Tingkatkan Akses Jalan ke Geopark Ciletuh

SUKABUMI, SENAYANPOST.com – Semenjak ditetapkannya Geopark Ciletuh-Pelabuhanratu di Sukabumi ke dalam jaringan geopark dunia, Unesco Global Geopark (UGG), Pemerintah Provinsi Jawa Barat terus mengembangkan infrastruktur di bentangan Ciletuh-Pelabuhanratu hingga Ujunggenteng.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan, pengembangan ini dimulai dengan peningkatan Jalan Simpang Waluran-Ciwaru-Pantai Palangpang sepanjang sepanjang 34,85 kilometer dengan anggaran Rp 90 miliar pada 2016 silam.

Meskipun begitu, waktu tempuh via jalur tersebut menuju Ciletuh dari Pelabuhanratu atau sebaliknya yang tetap memakan waktu lama, pada 2017, Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat membuka jalan baru dengan rute Simpang Loji-Cibutun-Balewer-Pantai Palangpang sepanjang sekitar 13 kilometer.

Dengan jalur di pinggir pantai tersebut, Pelabuhanratu-Ciletuh dapat ditempuh dengan waktu 40 menit saja.

“Sekarang dari Palabuhanratu ke Ciletuh bisa 40 menit lewat Simpang Loji, tidak usah berputar ke jalur lama yang butuh waktu tiga jam. Nanti kita buat lagi jalan sampai Ujunggenteng. Anggarannya mahal karena kita buat jalan baru, bukan cuma peningkatan jalan,” kata Aher di Ciletuh, Jumat (20/4/2018).

Pada 2018, demi menambah aksesibilitas, akan dibangun jalur Paltiga-Ciemas-Puncak Darma sepanjang 13 kilometer.

Dan pada APBD 2019, kata gubernur yang akrab disapa Aher ini, akan diusulkan pembuatan jalan dari Pantai Palangpang ke Ujunggenteng sepanjang 28 kilometer dengan anggaran Rp 250 miliar. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close