Ekonomi

Pemprov Jabar Berharap Pembangunan Tol Jalur Selatan Segera Dimulai

BANDUNG, SENAYANPOST.com – Sekretaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa berharap proyek pembangunan Jalan Tol Bandung-Tasikmalaya bisa segera dimulai.

“Kami berdiskusi (dengan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol [BPJT] Herry Trisaputra) untuk kembali melanjutkan proyek tol ini mengingat studi kelayakannya sudah ada. Permintaan kami BPJT bisa memulai tender investasi,” kata Iwa di Bandung, Kamis (21/6/2018).

Setelah Tol Trans Jawa hingga Surabaya mulai berjalan, bahkan beberapa sudah selesai dibangun, Iwa berharap pemerintah mematangkan konektivitas tol di Selatan.

“Kalau Pusat memulai, provinsi dan kabupaten/kota yang dilalui akan mendukung penuh, jadi sarana di selatan untuk dilalui pemudik akan sangat memadai,” katanya.

Dalam pembahasan lebih lanjut, Iwa akan memastikan kewenangan provinsi yang bisa dilakukan untuk mendorong inisiasi jalan tol. Seperti yang sudah dilakukan dalam pembangunan Tol Soreang-Pasirkoja (Soroja).

Iwa memastikan dukungan Pemprov dan daerah yang dilalui ruas tol sepanjang kurang lebih 100-106 kilometer tersebut sudah sangat siap mengingat jalur Selatan memang sudah menunggu sentuhan infrastruktur.

“Nanti mudik akan jauh lebih lancar dengan konektivitas Utara-Selatan. Tanjakan Nagreg dan kemacetan Malangbong akan tinggal kenangan,” ujarnya. (MU)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close