Hot Isu

Pemprov DKI Akui Biayai Keberangkatan Ratna Sarumpaet ke Chile

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta membenarkan telah membiayai ongkos perjalanan Ratna Sarumpaet ke Chile dengan menggunakan Turkish Airline.

Ratna gagal terbang ke Chile karena ditangkap pihak imigrasi Bandara Soekarno Hatta, Jakarta. Penangkapan itu lantaran Ratna berstatus tercekal dan berstatus tersangka pelanggaran UU Informasi dan Transaksi Elektronika (ITE).

BACA JUGA: Beredar Proposal Ratna Sarumpaet ke Chile yang Disetujui Anies Baswedan

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemprov DKI Jakarta, Asiantoro, membenarkan telah membiayai Ratna untuk hadir dalam sebuah seminar bertema perempuan yang dilaksanakan di Santiago, Chile itu.

“Iya (dibantu) dia kan mau lakukan seminar, diundang di sana tuh. Dia ajukan permohonan ke kami, karena layak ya tentu kami bantu,” kata Asiantoro, Kamis (4/10/2018) malam.

Ratna hendak pergi ke Chile untuk menghadiri acara ‘International Woman Playwright International Conference 2018’ yang digelar 7-12 Oktober 2018. Dia hendak menjadi pembicara selaku penasihat senior.

Menurut Asiantoro, Ratna telah mengajukan proposal ke pimpinan. Pimpinan yang dia maksud adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Kata dia, karena Ratna dianggap sebagai seniman yang sudah profesional, pihak Pemprov pun kata dia langsung menyetujui permohonan itu.

Lagi pula, dalih Asiantoro, semua seniman berbakat tentu akan diberi bantuan jika mengajukan permohonan. Meski begitu dalam perjalanan ini Ratna nyatanya hanya berangkat sendiri.

“Cuma satu orang (yang berangkat) dia (Ratna) saja. Tapi kami akan berikan bantuan untuk seniman-seniman yang berbakat,” kata Asiantoro.

Meski begitu, Asiantoro tak mau menyebut berapa nominal dana yang digelontorkan Pemprov untuk membantu biaya perjalanan Ratna Sarumpaet.

“Kami membantu yang memang berbakat dan layak, Bu Ratna di sana jadi pembicara katanya,” katanya.

KOMENTAR
Tags
Show More
Close