Lintas Daerah

Pemprov Babel-PHRI Siapkan Protokol Kesehatan Pariwisata

BABEL, SENAYANPOST.com – Seiring adanya wacana pemerintah membuka kembali objek wisata setelah ditutup akibat Covid-19, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) bersama Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) mempersiapkan protokol kesehatan sektor pariwisata.

“Kepulauan Bangka Belitung salah satu dari empat provinsi yang diizinkan oleh pemerintah pusat untuk menerima wisatawan,” kata Gubernur Kepulauan Babel, Erzaldi Rosman Djohan, di Pangkalpinang, Minggu (7/6/2020).

Ia mengatakan, untuk menerima wisatawan diperlukan standar operasi prosedur atau SOP protokol kesehatan tatanan normal baru sesuai aturan untuk mencegah penyebaran Covid-19. “Kita akan menerapkan protokol kesehatan secara ketat di restoran maupun hotel,” ujarnya.

Menurutnya, SOP Protokol Kesehatan Pariwisata harus memuat tiga prinsip operasional, yakni memodifikasi cara kerja, mengimplementasikan sistem kerja dengan meminimalisasi kontak fisik, serta memiliki standar sanitasi yang sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19.

“Pemerintah daerah akan melakukan pengawasan agar pelaksanaan standar protokol kesehatan dilakukan secara benar di lapangan. Apabila ketentuan tersebut tidak dilakukan, maka pemerintah akan bertindak tegas,” jelasnya.

Sebagai langkah untuk memulihkan perekonomian Bangka Belitung, Ketua Umum BPP PHRI, Haryadi Sukamdani, menyambut baik langkah cepat Pemprov Bangka Belitung membuka kembali sektor pariwisata ini.

“Kami telah menyusun SOP Protokol Kesehatan Pariwisata secara spesifik karena ada area privat dan area publik. Kita sudah membuat panduan sesuai protokol kesehatan, panduan tersebut sudah lengkap dan tetap sesuai dengan aturan dari kementerian kesehatan,” paparnya. (Jo)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close