Lintas Daerah

Pemkot Bandung Pantau 180 Kawasan Tanpa Rokok

BANDUNG, SENAYANPOST.com – Sebanyak 34 anggota Satuan Tugas Kawasan Tanpa Rokok (Satgas KTR) dilepas untuk memantau sekitar 180 lokasi seperti sekolah, restoran, hotel dan kantor.

“Dimulai 22 Maret, tahap pertama, tempat-tempat strategis yang masuk ke wilayah kawasan tanpa rokok akan terus dipantau. Dalam satu hari itu 6-8 titik terawasi, kalau dijumlahkan dalam satu tahun sekitar 1.750 titik,” ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, Rita Verita di Bandung, Senin (26/3/2018).

Menurut dia, apabila dalam masa awal peluncuran KTR dinilai berhasil mengurangi jumlah warga yang merokok tidak pada tempatnya, maka akan terus berlanjut hingga akhir tahun.

“Kita harus paham kawasan tanpa rokok, jangan sampai kita melanggar,” katanya.

Berdasarkan data yang diperolehnya yang bersumber dari Kementerian Kesehatan RI, sampai dengan tahun 2016, jumlah perokok remaja laki-laki mencapai 58,8 persen.

Jumlah itu termasuk remaja usia 15-19 tahun yang meningkat dua kali lipat yakni 12,7 persen pada 2001 dan menjadi 23 persen di tahun 2016. Dari angka tersebut, maka sudah menjadi keharusan bagi pemerintah untuk terus berupaya menekan angka peningkatan jumlah perokok.

“Salah satunya dengan menghadirkan KTR,” kata dia. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close