Pemkab Sleman Perintahkan Birokrat jadi Teladan Penerapan Protokol Kesehatan

Pemkab Sleman Perintahkan Birokrat jadi Teladan Penerapan Protokol Kesehatan

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – Perkembangan terakhir kasus positif covid-19 di wilayah Kabupaten Sleman menunjukkan lonjakan yang tajam (data tanggal 31 Juli hingga 2 Agustus 2020).

Di satu sisi, kata Bupati Sleman, Sri Purnomo, di Sleman, Rabu (5/8/2020), kondisi ini tidak lepas dari peningkatan intensitas dan perluasan langkah tracing sebagai upaya memutus rantai penularan covid-19.

“Di sisi yang lain, kondisi ini membutuhkan perhatian dan kewaspadaan yang sangat serius dari seluruh jajaran birokrasi dan seluruh lapisan masyarakat,” kata Sri Purnomo.

Untuk itu, lanjutnya, Pemkab Sleman kemudian menerbitkan Surat Edaran nomor 443/01807 tentang Keteladanan Pegawai dalam Penerapan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19.

“Lewat surat edaran ini diharapkan kepala perangkat daerah, pimpinan isntansi vertikal, pimpinan BUMD, camat, kades, kepala UPT, kepala sekolah, seluruh pegawai di lingkungan Pemkab Sleman dapat menjadi teladan dan memberikan keteladanan dalam penggunaan masker, menjaga jarak, cuci tangan pakai sabun, serta Perilaku Hidup Bersih dan Sehat,” katanya.

Ditegaskan, seluruh pegawai di lingkungan Pemkab Sleman wajib mengenakan masker selama bekerja di dalam ruangan kantor.

Pemkab Sleman, jelasnya mewajibkan semua masyarakat pengguna layanan untuk menaati protokol kesehatan pencegahan covid-19.

Sedangkan instansi penyelenggara pelayanan publik agar mempublikasikan kewajiban tersebut, salah satunya dengan memasang tulisan “Area Wajib Masker” di titik-titik terdepan lokasi pelayanan.

“Petugas pelayanan agar menolak pengguna layanan yang tidak mengenakan masker,” ujarnya. (AS)