Lintas Daerah

Pemkab Sleman Akan Berikan Dispensasi IMB

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Kabupaten Sleman akan memberikan dispensasi IMB bagi 5.000 rumah yang dibangun sebelum tahun 2011.

“Ini untuk tahun 2018 yang tinggal beberapa bulan lagi,” kata Kepala DPMPT Kabupaten Sleman Sutadi Gunarto, Kamis (4/10/2018) di Yogyakarta.

Sedangkan tahun berikutnya, 2019, ujarnya akan memberikan dispensasi bagi 1.4000 rumah. “Memang patokannya sebelum 2011. Karena Perda tentang IMB Kabupaten Sleman itu terbit pada tahun 2011,” katanya.

Ia menegaskan, untuk mendapatkan dispensasi itu disyaratkan luas bangunan tidak lebih dari 300 meter persegi, rumah tempat tinggal bukan tempat usaha atau rumah kos-kosan, bukan rumah tingkat dan tidak melanggar aturan sempadan baik sempadan jalan maupun sempadan sungai.

Khusus untuk tidak melanggar sempadan sungai, ujarnya, harus dibuktikan dengan keterangan dari BBWSO (Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak).

Menurut dia, untuk mengurus juga harus dilengkapi dengan gambar rumah meski bukan gambar teknik tetapi cukup dengan gambar tangan.

“Untuk pengurusannya, warga miskin dibebaskan dari biaya pengurusan,” katanya.

Untuk mengurus, katanya juga harus melampirkan bukti kepemilikan tanah baik sertifikat hak atas tanah maupun Letter C. (MU)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close