Hukum

Pemkab Bandung Barat Beri Bantuan Hukum kepada Bupati dan Kadinas yang Ditangkap KPK

BANDUNG, SENAYANPOST.com – Pemerintah Kabupaten Bandung Barat memberikan bantuan hukum kepada tiga kepala dinas yang diamankan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebelum ditetapkan sebagai tersangka.

“Ada bantuan hukum. Kami berikan bantuan sejak Selasa dari bagian hukum,” ujar Wakil Bupati Kabupaten Bandung Barat Yayat T Soemitra, di Bandung, Kamis (12/4/2018).

Tiga kepala dinas yang diamankan KPK, yakni Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Wetty Lembanawati, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengambangan Daerah (Bappelitbangda) Adiyoto, serta Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Asep Hikayat.

Sehari kemudian, Bupati Bandung Barat Abubakar juga dibawa KPK dan ditetapkan sebagai tersangka.

Menurut Yayat, apabila keempatnya telah ditetapkan sebagai tersangka, biasanya KPK juga mempersilakan jika mereka untuk mencari pengacara sendiri di samping bantuan dari Pemkab.

“Apa yang bisa kita bantu, ya kita bantu, kooperatif saja,” katanya.

Menurut Yayat, pihaknya juga masih menyelidiki kebenaran soal setoran hingga Rp 40 juta per dinas yang diminta Bupati Abubakar. Kabarnya, dana tersebut digunakan untuk dana kampanye Elin Suharliah, istri Abubakar, yang maju dalam Pilbub Kabupaten Bandung Barat.

Disinggung mengenai posisi Kadis yang jadi tersangka, Yayat mengaku Pemkab memiliki mekanisme sendiri mengenai pergantian posisi.

“Bukan hanya kepala dinas, tapi kepala daerah juga. Kita tunggu saja perkembangannya,” katanya. (AF)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close