Politik

Pemimpin Negara Asean & PM Australia Hadiri Pelantikan Jokowi-Ma’ruf

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Sejumlah kepala negara/pemerintahan dijadwalkan akan menghadiri pelantikan Joko Widodo dan Ma’ruf Amin.

Rencananya pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019-2024 akan dilaksanakan pada Minggu (20/10) di Gedung DPR/MPR.

Ketua MPR Bambang Soesatyo mengatakan, kepala negara dan pemerintahan yang hadir berasal dari sejumlah negara yang letaknya dekat dengan Indonesia.

“Hampir seluruh negara ASEAN, negara tetangga kita confirm hadir termasuk Perdana Menteri Australia hadir, mudah-mudahan kepala negara, kepala pemerintahan,” kata pria yang kerap disapa Bamsoet itu di Istana Kepresidenan, Rabu (16/10) yang dikutip dari kumparan.

Di samping pemimpin negara tetangga, sejumlah utusan negara-negara sahabat Indonesia lainnya juga berencana mengirim utusannya.

“Utusan khusus seluruh negara-negara maju, China mengutus Wakil Perdana Menteri, beberapa negara konfirmasi tapi untuk pastinya silakan cek ke Menteri Luar Negeri,” tutur Bamsoet.

Pada 2014 lalu, saat Jokowi-Jusuf Kalla dilantik ada sekitar tujuh pemimpin negara yang hadir dalam acara pelantikan.

Mereka adalah Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah, Presiden Timor Leste Taur Matan Ruak, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, Perdana Menteri Papua Nugini Peter O’Neill, Perdana Menteri Malaysia Najib Razak, Perdana Menteri Australia Tony Abbott, dan Perdana Menteri Haiti Laurent Salvador Lamonthe.

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close