Internasional

Pemilu Malaysia, Mahathir Sempat Unggul di Hitung Cepat

KUALA LUMPUR, SENAYANPOST.com – Mahathir Mohamad sempat unggul di penghitungan sementara Pemilu Malaysia. Pendukung koalisi Pakatan Harapan yang mendukung Mahathir berteriak saat perolehan suara disebut mencapai 28 kursi.

Pantauan wartawan di Dataran Petaling Jaya, Selangor, Malaysia, Rabu (9/5/2019) malam, para pendukung Pakatan Harapan berkumpul membawa bendera.

Ada pula orang tua yang terlihat membawa anak-anak ke lokasi ini untuk menyaksikan hitung cepat (quick count).

Pembawa acara sempat menyatakan Pakatan Harapan unggul dengan memperoleh 28 kursi. Sementara Barisan Nasional yang mendukung PM Najib Razak baru memperoleh 25 kursi.

Di layar lebar yang disediakan, terlihat angka perolehan suara Pakatan Harapan lebih unggul dibanding Barisan Nasional dan Partai Islam se-Malaysia (PAS) di wilayah Kuala Lumpur.

“Perhitungan tidak resmi, sementara kita tinggi,” ucap pembawa acara.

“Hore,” teriak para pendukung Pakatan Harapan yang hadir.

Mereka juga meniupkan terompet dan bertepuk tangan mendengar hal itu. Pembawa acara kemudian menyatakan suara Pakatan Harapan berhasil disusul oleh Barisan Nasional.

“Maklumat terbaru, perhitungan tidak resmi, sementara Pakatan Harapan 32 dan Barisan Nasional 36. Tapi ini masih sementara,” ucapnya.

“Hidup rakyat,” ujar pendukung Pakatan Harapan yang hadir.

Ada 3 koalisi partai yang bertarung dalam pemilu Malaysia. Pertama, Barisan Nasional (BN) yang terdiri dari 13 partai serta mendukung PM Najib Razak.

Kedua, ada Pakatan Harapan (PH), yang terdiri dari 4 partai yang mendukung eks PM Mahathir Mohamad. Serta ada Partai Islam se-Malaysia (PAS) yang berdiri di luar poros dua koalisi besar tersebut. (JS)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close