Internasional

Pemilu Malaysia Hari Ini, Anwar Dorong Warga Pilih Mahathir

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Pemilihan umum Malaysia akan digelar hari ini, Rabu (9/5/2018). Pemimpin oposisi Anwar Ibrahim pun mendorong warga Malaysia untuk memilih Mahathir Mohamad.

“Saya mendorong Anda semua untuk bergabung dengan gerakan masyarakat untuk menuntut perubahan,” kata Anwar dalam pernyataan resminya, seperti dilansir Reuters, Selasa (8/5).

Saat ini, dia sedang berada di rumah sakit setelah menjalani operasi bahu. Pada 2015, Anwar dipenjara karena tuduhan sodomi dan diperkirakan akan bebas pada 8 Juni 2018.

Dukungan Anwar ini disampaikan di tengah ketatnya persaingan antara Perdana Menteri (PM) Malaysia petahana, Najib Razak, dengan Mahathir. Bisa dibilang jika Mahathir, yang sekarang berusia 92 tahun, adalah guru Najib dan Anwar.

Pemilu kali ini menjadi tantangan terbesar bagi Najib serta aliansi Barisan Nasional (BN), partai yang telah memerintah Malaysia selama lebih dari 60 tahun.

Anwar, yang disingkirkan dari posisi Deputi PM oleh Mahathir–yang ketika itu menjadi PM–pada 1998, mengklaim dukungannya ini menjadi kekhawatiran terbesar bagi BN.

“Mahathir telah membuktikan ketahanannya, melampaui batasan yang ada, dan meminta maaf serta mengorbankan waktu dan energinya untuk meningkatkan kehormatan masyarakat serta negara,” paparnya.

Najib pun sudah mendapat serangan dari warga Negeri Jiran setelah tersangkut kasus korupsi 1MDB. Meski demikian, dia meyakini dapat memenangkan Pemilu.

“Basis politik kami masih kuat dan bersatu. Oleh karena itu, saya tetap percaya diri karena kami memang kuat,” tutur Najib.

Dia sudah berkali-kali menyangkal keterlibatannya dalam penyalahgunaan dana miliaran dolar AS dalam 1MDB, sebuah BUMN Malaysia yang didirikannya. Kejaksaan Malaysia pun telah menyatakan Najib tidak terlibat.

Namun, tingkat kepopulerannya masih mendapat pukulan akibat kasus itu.(WW)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close