Internasional

Pemilu AS 2016: Enam Alasan yang akan Membuat Sejarah

Pengusaha Real Estate, Donald Trump kini makin dekat dan diyakini menjadi nominasi Partai Republik dalam pemilihan presiden AS, sesuatu yang hanya diperkirakan beberapa orang saja 12 bulan yang lalu.
Pertarungan di Partai Demokrat masih akan terjadi, tapi tampaknya semakin mungkin, Hillary Clinton akan menjadi calon utama, meski Senator Vermont Bernie Sanders  menang di negara bagian Indiana, hari Selasa lalu.
Gambar sekarang telah menjadi cukup jelas bahwa kita tahu bahwa apa pun yang terjadi, hasilnya akan bersejarah. Ini adalah alasan-alasannya :
1. Tahun Senja
Ketika Barack Obama pertama kali berjalan melalui pintu depan Gedung Putih kembali pada bulan Januari 2009, ia berusia 47, dan menjadi presiden kelima termuda dalam sejarah Amerika. Theodore Roosevelt adalah yang termuda, pada usia 42 tahun dan 322 hari.
Yang berikutnya akan menjadi presiden yang sedikit lebih tua, siapapun yang akan menang.
Bernie Sanders akan berusia 75 tahun pada hari pelantikan, 20 Januari yang akan datang, hampir enam tahun lebih tua dari presiden tertua yang dilantik, Ronald Reagan.
Donald Trump merayakan ulang tahun ke 70 pada 14 Juni, dan ia juga akan menjadi presiden tertua dalam sejarah.
Hillary Clinton, sementara ini, ternyata berusia 69 tahun sekitar dua minggu sebelum pemilihan, dan akan menjadi presiden tertua kedua di pelantikan. Dia akan menggantikan William Henry Harrison, yang menjadi presiden pada tahun 1841 (dan presiden terakhir yang lahir di tanah Inggris).
2. New York, oh New York
Kedua skenario – Trump lawan Clinton atau Trump lawan Sanders – akan melihat kontes presiden pertama antar warga New York sejak tahun 1944, ketika Gubernur New York, Thomas E Dewey, bersaing melawan incumbent, Franklin D Roosevelt.
Siapapun yang menang kali ini akan menjadi warga New York pertama masuk kantor dalam usia 71 tahun ketika pelantikan berlangsung tahun depan.
Dan yang kita ketahui Nyonya Clinton lahir di Chicago, tetapi ia adalah seorang senator dari New York dan tinggal di negara bagian itu.
3. Uang, Uang, Uang
Jika Trump menang, kita bisa melihat sedikitnya jumlah uang yang dikeluarkan oleh calon pemenang untuk beberapa waktu.
Catatan Komisi Pemilihan Federal menunjukkan dia menghabiskan $ 49 juta sampai dengan akhir Maret, dimana $ 36 juta adalah uang sendiri.
Tidak ada calon lain semenjak Al Gore pada tahun 2000 ($ 126 juta) telah menghabiskan sedikit. Sejauh ini Hillary Clinton telah menghabiskan $ 187 juta.
Tentu saja, Mr Trump bisa mengeluarkan buku cek mengingat bahwa ia memiliki waktu berkampanye dari sekarang sampai November, tapi kemungkinan besar akan jauh di bawah uang yang dihabiskan Barack Obama waktu putaran terakhir – hampir $ 556 juta.
4. Pengalaman
Kemenangan Trump akan signifikan karena alasan lain, tidak ada yang telah terpilih sebagai presiden di lebih dari 60 tahun tanpa pengalaman sebagai gubernur atau ada di dalam Kongres.
Bahkan kemudian, presiden terakhir tanpa pengalaman politik, Dwight Eisenhower, adalah Panglima Tertinggi Pasukan Sekutu di Perang Dunia II, sebelum ia terpilih masuk kantor pada tahun 1953.
Sebelumnya, Herbert Hoover, yang merupakan presiden 1929-1933, sebelum menjadi presiden adalah seorang insinyur dan aktifis kemanusiaan.
Tidak ada calon sebelumnya yang pernah memiliki rantai kasino dan hotel. Tapi Trump mengatakan pengalamannya melakukan penawaran, dan fakta bahwa dia tidak terlalu terikat pada lembaga di Washington, dia berdiri dimanfaat yang baik.
5. Seorang Wanita di dalam Kantor ?
Tahun-tahun panjang Hillary Clinton di politik Washington mungkin membuatnya mudah untuk melupakan satu fakta: ia akan menjadi presiden perempuan pertama jika terpilih.
Yang paling dekat kita punya sebelumnya adalah ketika John McCain dari partai Republik mengejutkan memilih Gubernur Alaska Sarah Palin sebagai calon wakil presiden pada tahun 2008, dan ketika Demokrat Walter Mondale meminang Geraldine Ferraro sebagai wakil presiden pada tahun 1984.
Tak ada satupun dari mereka yang memenangkan kursi kepresidenan.
6. Estafet Demokrat?
Hebatnya, hanya dua orang Demokrat secara langsung berhasil menggantikan Demokrat lain sebagai presiden AS. Yang terbaru adalah James Buchanan, yang adalah presiden 1857-1861.
Harry Truman dan Lyndon Johnson, mereka berdua wakil presiden yang menjadi presiden ketika pendahulu mereka meninggal. Mereka berdua kemudian  untuk memenangkan pemilu berikutnya.
Seorang Clinton menang, karena itu, akan membawa makna lebih penting untuk Partai Demokrat.
Jadi siapa yang kemungkinan akan menang?
Jajak pendapat telah berubah selama 10 bulan terakhir antara kedua kandidat. Sekarang hanya ada enam bulan lagi.
Sumber : dari berbagai sumber
 

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close