Pemilih Religius dan Tradisional, Cagub Jabar Harus Agamis

23:00
416
Gedung Sate

BANDUNG, SENAYANPOST.com – Calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat (Jabar) yang memiliki citra agamais akan mendapat simpati warga karena pemilih di Tatar Parahyangan terkenal religius dan tradisional.

Kandidat dengan citra agamais ini harus dibuktikan dengan memiliki empat indikator, yakni sidiq, amanah, tabligh dan fatonah.

“Secara harfiah, sidiq itu berarti bersih, benar, baik perbuatan dan perkataannya. Amanah, yakni mampu menjaga kepemimpinan yang diembannya sebaik mungkin. Karena sejatinya jabatan ini amanah dari Tuhan,” kata Sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jabar Rafani Achyar, di Bandung, Kamis (12/10/2017).

Adapun tabligh, kata Rafani, kandidat harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik terutama dalam menyampaikan setiap gagasan untuk kebaikan bersama.

“Kemudian fatonah itu kan cerdas, jadi sangat diperlukan. Kalau pemimpin tidak cerdas, akan repot,” katanya.

Ia juga berharap gubernur/wakil gubernur Jawa Barat selanjutnya merupakan sosok yang berpengalaman di bidang pemerintahan. Sebagai provinsi yang memiliki penduduk paling banyak serta wilayah yang luas, berbagai persoalan dipastikan akan bermunculan.

“Memang idealnya orang yang berpengalaman di pemerintahan. Saat ini dibutuhkan sosok pemimpin yang mampu menyatukan seluruh umat mengingat polarisasi di masyarakat yang semakin terlihat,” katanya. (JS)

Comments

comments