Pemerintah Usulkan Pembentukan Jack Ma Institut di Indonesia

Pemerintah Usulkan Pembentukan Jack Ma Institut di Indonesia

BOGOR, SENAYANPOST.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima CEO Alibaba Jack Ma di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Sabtu (1/9/2018). Dalam pertemuan tersebut Jokowi didampingi sejumlah menteri Kabinet Kerja yaitu Menkominfo Rudiantara, Menko PMK Puan Maharani, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution.

Rudiantara menjelaskan dalam pertemuan selama satu jam para menteri mengusulkan kepada Jack Ma agar membuat Jack Ma Institut di Indonesia. Dengan tujuan mengembangkan sumber daya manusia dalam bidang ekonomi digital.

“Tadi kami usulkan untuk membuat semacam Jack Ma Institut di Indonesia. Untuk pengembangan sumber daya manusia talent-talent yang dibutuhkan,” kata Rudiantara usai melakukan pertemuan di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (1/9/2018).

Dia menjelaskan dengan adanya Jack Ma Institut, Indonesia bisa mengejar ekonomi digital yang tengah digencarkan seluruh dunia. Salah satunya yaitu mengembangkan startup yang ada di Indonesia.

Baca Juga

“Talent ini jadi isu nomor satu di dunia. Saking cepatnya pertumbuhan ekonomi ini sumber daya manusianya yang belum bisa ngejar,” kata Rudi.

“Sumber daya manusianya juga dari orang-orang Indonesia dan bukan orang asing yang di sini. Orang-orang Indonesia nah kita kembangkan kapasitasnya di sini,” papar Rudi.

Kemudian pihaknya juga bersama Jack Ma akan membicarakan lebih lanjut bagaimana memanfaatkan platform sehingga dapat meningkatkan ekspor ke Tiongkok. Tetapi hal tersebut belum bisa dijelaskan lebih rinci oleh Rudi karena akan dibicarakan lebih lanjut pada Minggu (2/9/2018) di kawasan SCBD, Jakarta Selatan.

“Nanti akan dibicarakan lagi,” kata Rudi.