Hot Isu

Pemerintah Rekomendasikan 3 Masker Ini untuk Cegah Corona

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Pemerintah merekomendasikan tiga jenis masker yang bisa digunakan untuk memerangi virus corona (Covid-19). Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmita mengatakan tiga masker yang direkomendasikan adalah masker kain tiga lapis, masker bedah, dan masker N95.

“Tim pakar telah menyampaikan bahwa terdapat tiga jenis masker yaitu masker kain bagi masyarakat, serta bagi tenaga kesehatan yang kontak dengan pasien harus menggunakan APD masker bedah atau masker N95,” kata Wiku pada konferensi pers virtual, Minggu (5/4/2020).

Wiku menjelaskan bahwa tiga lapis dalam masker akan meningkatkan efektivitas dalam menangkal virus. Lalu cara pembuatan dan model kain masker dapat disesuaikan dengan bentuk wajah pastikan tangan yang digunakan bersih dan harus menutupi hidung hingga dagu.

“Masyarakat dapat membuat masker dari kain dengan cara dijahit secara manual atau menggunakan mesin masker kain,” kata Wiku.

Ia turut menganjurkan masyarakat dalam pemakaian masker kain, setelah masker digunakan sebaiknya dicuci dengan sabun secara rutin atau diganti bila memang sudah tidak layak.

“Sesuai hasil penelitian msker kain dapat menangkal virus sebesar 70% dengan demikian masyarakat diharapkan untuk tetap jaga jarak saat berada di keramaian minimal 1 sampai 2 meter dan apabila tidak memiliki kegiatan penting di luar sebaiknya tetap tinggal di rumah,” jelas Wiku.

Lebih lanjut, Wiku menerangkan kalau pemakaian masker bedah lebih bijak hanya digunakan oleh tenaga kesehatan dan masyarakat yang sedang sakit. Lalu, masker N95 wajib digunakan tenaga medis untuk menangani pasien dengan risiko tinggi.

“Masker N95 khusus untuk tenaga medis yang menangani pasien dengan infeksi usus tinggi. Hanya digunakan tenaga medis di fasilitas kesehatan,” ujarnya.

Dikarenakan penyebaran virus corona diawali karena droplet atau tetesan yang masuk ke dalam tiga pintu utama yaitu mata, hidung dan mulut yang di bawa oleh jari. Maka dari itu, cuci tangan dan pemakaian masker sangatlah penting.

“Kurang lebih 90% penularan kasus yang ada penyebarannya melalui cara ini maka dari itu penggunaan masker kain tiga lapis serta cuci tangan sangat penting,” ungkap Wiku. (WS)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close