Ekonomi

Pemerintah Kaji Perpanjang Program Listrik Gratis

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Pemerintah memperpanjang penyaluran bantuan sosial (bansos) hingga Desember 2020 sebagai dampak pandemi Corona. Lalu bagaimana dengan subsidi listrik apakah akan ikut diperpanjang?

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menerangkan, untuk bansos pemerintah sudah menyiapkan anggarannya. Dengan begitu penyaluran bansos bisa diperpanjang hingga Desember 2020.

Sementara untuk pembebasan dan diskon tarif listrik untuk pelanggan kapasitas 450 VA dan 900 VA tidak mampu masih berlaku hingga September 2020. Meski begitu pemerintah masih mempertimbangkan untuk diperpanjang.

“Bansos keseluruhannya akan didesain sampai Desember. Untuk anggarannya kan sudah disediakan, yang belum ini kan listrik baru sampai September. Jadi sudah 3 bulan nanti dilihat lagi subsidi 450 VA sampai yang 900 VA,” katanya dilansir detikcom.

Awalnya pemerintah memberikan pembebasan dan diskon tarif listrik selama tiga bulan terhitung sejak April 2020. Kemudian diperpanjang hingga September 2020.

Anggaran yang disediakan pemerintah pun bertambah menjadi Rp 61,69 triliun atau naik Rp 6,9 triliun untuk dua kelompok pelanggan ini. Pemberian fasilitas ini juga sebagai langkah pemerintah mengurangi beban masyarakat di tengah hantaman Corona.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close