Pemerintah Gunakan Produk Lokal bisa Tingkatkan Kepercayaan Rakyat

Pemerintah Gunakan Produk Lokal bisa Tingkatkan Kepercayaan Rakyat

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Keberpihakan pemerintah dalam menggunakan produk riset dan inovasi dalam negeri akan meningkatkan kepercayaan masyarakat memanfaatkan produk lokal.

“Jadi, kuncinya adalah pemerintah harus menunjukkan keberpihakan pada produk inovasi Indonesia,” kata Menristek/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Bambang PS Brodjonegoro, Kamis (13/8/2020).

Dalam konferensi pers virtual terkait Rapat Koordinasi Nasional Prioritas Riset Nasional Tahun 2020 (Rakornas PRN 2020), di Jakarta Pusat, ia menambahkan, pada tahap awal akan melahirkan permintaan dalam skala yang lebih besar.

Melalui keberpihakan, lanjutnya, pemerintah melakukan pengadaan barang/jasa dengan menggunakan produk inovasi bangsa, sehingga menciptakan permintaan pasar yang menjadi pemicu awal untuk mendorong hilirisasi hasil riset.

Menristek Bambang menuturkan penggunaan barang buatan dalam negeri oleh pemerintah akan menjadi contoh bagi masyarakat, sehingga meningkatkan kesadaran dan kepercayaan masyarakat untuk menggunakan produk dalam negeri

“Kalau melihat pengalaman negara lain yang berusaha mengembangkan inovasinya dan akhirnya menjadi produk unggulan mereka, seperti di Korea atau di Jepang. Kuncinya adalah pada pemakaian oleh masyarakatnya. Namun, masyarakat atau ‘customer’ juga ingin melihat pengalaman dari pihak lain, nah pihak lain itu adalah pemerintah,” kata Menristek. (Jo)