Ekonomi

Pemerintah Godok Regulasi Penurunan Tarif Pajak UMKM Jadi 0,5 Persen

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Guna mempercepat perkembangan usaha mikro kecil menengah (UMKM) sekaligus menjawab keluhan UMKM selama ini, pemerintah siap menurunkan tarif pajak penghasilan atas penjualan di bawah Rp 4,8 miliar yang dikenakan tarif PP 46 sebesar 1% perbulan dari jumlah omset, menjadi 0,5% dalam bulan ini.

“Ini merupakan komitmen pemerintah dalam mengembangkan UMKM, seperti yang sudah ditegaskan Presiden Jokowi,” ujar Puspita W Surono, staf ahli Menkeu Bidang Pengawasan Pajak, pada keterangan tertulis, Jumat (16/3/2018).

Puspita mengungkapkan hal itu pada Focus Group Discussion (FGD) bertema Sinergi dan Aksi Nyata dalam Membangun UMKM Naik Kelas yang diselenggarakan Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha Kemenkop dan UKM bekerjasama dengan LPEM FEB UI, di Jakarta, Kamis (15/3/2018).

Ia menambahkan, dalam hal ini pajak bukanlah menghambat UMKM, namun sebaliknya pajak mendukung UMKM antara lain dengan tarif ringan dan mudah.

Terkait kapan aturan itu terbit, menurutnya, secepatnya akan dilaksanakan.

“Ya tunggulah sebentar lagi, aturannya tengah digodok, yang jelas kalau pemerintah sudah menjanjikan penurunan itu, masak ndak jadi sih?” katanya. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close