Pemerintah Diminta Mulai Petakan Sektor Pemulih Ekonomi Pasca Pandemik Covid-19

Pemerintah Diminta Mulai Petakan Sektor Pemulih Ekonomi Pasca Pandemik Covid-19

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Pemerintahan Joko Widodo mulai memetakan segala potensi yang bisa dijadikan jalan keluar untuk memulihkan kondisi ekonomi paska pandemik Coronavirus Disease (Covid-19).

Wakil ketua umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) bidang kelautan dan perikanan Yugi Prayanto memprediksi kondisi ekonomi akan terus memburuk jika pandemik ini tidak segera teratasi.

Ia menyebutkan jika wabah virus asal Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China berlangsung hingga akhir tahun akan terjadi gelombang Pemutusan Hubungan Kerja (PHK ) yang dahsyat.

Secara khusus, Yugi mengusulkan kepada pemerintah untuk serius menggenjot dua bidang yakni bidang agrikultur dan perikanan.

Menurut penasehat Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) ini kedua bidang tersebut adalah solusi yang jitu karena selain seluruh bahan baku dari dalam negeri, produknya dibutuhkan oleh semua manusia.

“Kami berharap dari sisi pelaku ekspor ya diekpsor, kalau bisa dibantu pelaku usaha, sangat bagus apa sih kebutuhannya, dibeli juga yang penting hargaa sesuai cost supaya ekonomi tetap jalan. Menteri menteri diimbau membeli produk dalam negeri, itu bagus untuk pemulihan, agrikultur, perikanan dan menggenjot sektor dalam negeri,” kata Yugi kepada Kantor Berita Politik RMOL, Minggu malam (12/4/2020).

Sebelumnya, Yugi juga meminta pemerintah untuk memberikan kompensasi kepada para pelaku usaha, baik dalam bentuk restrukturiasi kredit, skema penyesuaian pajak, dan bentuk keringanan lainnya.

Berbagai program relaksasi bagi pelaku usaha akan sangat membantu mempercepat proses pemulihan ekonomi dalam negeri di tengah pandemik global Covid-19 saat ini.

“Kompensasinya pemerintah memberikan restrukturisasi kredit, masalah pajak perlu dicari skema lain karena pengusaha tidak mendapat keuntungan, bagus kemarin OJK dan BI restruktur bagi terdampak,” pungkasnya.