Hot Isu

Pemerintah Diminta DPR Garap Produk Eukaliptus

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Hasil temuan Kementerian Pertanian (Kementan) yang berhasil mengkaji manfaat eukaliptus dalam mengurangi terpaan virus corona diminta untuk ditindaklanjuti Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

“Kementan dan Kemenkes ini harus segera melakukan sinkronisasi. Kalau memang produk ini sedang dibutuhkan oleh dunia kesehatan, ya harus secepatnya dilakukan (sinkronisasi) itu,” ungkap Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Hasan Aminuddin saat ditemui saat rehat Rapat Kerja Komisi IV DPR RI bersama Menteri Pertanian di Gedung DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (7/7/2020).

Belakangan ini masyarakat ramai memperbincangkan produk eukaliptus yang dikembangkan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementan. Produk eukaliptus yang dikembangkan oleh Balitbangtan tersebut telah diuji molecular docking dan uji vitro.

Berdasarkan kedua uji tersebut, minyak atsiri eucalyptus citridora ditemukan bisa menginaktivasi virus avian influenzasub-type H5N1, gammacoronavirus, dan betavoronavirus.

Saat ini tiga produk turunannya yang berbentuk rollon, inhaler, dan kalung aromaterapi telah mendapat izin Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk kriteria jamu.

Sejumlah pihak mendorong Kementan agar secepatnya melakukan uji klinis sehingga statusnya bisa dinaikkan menjadi Obat Herbal Terstandar OHT).

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close