Lintas Daerah

Pemerintah Berencana Bangun LRT di Madura

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyatakan rencananya untuk menghadirkan fasilitas Lintas Rel Terpadu (LRT) di wilayah Madura. Upaya ini dilakukan sebagai salah satu konsep pengembangan wilayah Surabaya Madura (Suramadu).

Khofifah mengatakan fasilitas transportasi itu bakal disiapkan untuk mendukung pembangunan Indonesia Islamic Science Park. Namun untuk nilai investasi yang dibutuhkan dalam pembangunan tersebut masih belum bisa memperkirakan.

“Kita siapkan desainnya ada floating market (pasar terapung). Kita siapkan desainnya LRT. Memang kita butuh LRT, karena kalau 101 hektare (luas yang direncanakan), orang mau jalan butuh berapa hari disitu,” kata Khofifah dikutip dari merdeka, Kamis (25/7/2019).

Dia mengaku saat ini sudah banyak mendapatkan tawaran dari investor untuk bekerjasama dalam pembangunan Indonesia Islamic Science Park yang akan dilengkapi LRT tersebut.

“Yang sudah menawarkan untuk berinvest lumayan banyak, ada dari middle east country, dari china, dari konsorsium yang mau jadi leading sector untuk menyiapkan dana dalam proses penyiapan pembangunan Indonesia Islamic Science Park,” katanya.

Dia menegaskan, banyak peluang investasi dalam pengembangan wilayah di Madura. Pembangunan Madura dinilai bisa menyaingi wisata lainnya di Jawa Timur seperti Selingkar Wilis, Selingkar Ijen, Selingkar Bromo Tengger Semeru (BTS).

“Kita ingin menambahkan selingkar kepulauan Sumenep. Ini karena ada gili yang oksigennya terbaik kedua di dunia, dan ada gili yang indah karangnya, koralnya tidak kalah dengan yang ada di raja ampat. Kita ingin ada satu kesatuan dengan perluasan peta untuk pariwisata baru Selingkar Kepulauan Sumenep,” pungkasnya.

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close