Lintas DaerahNasional

Pemerintah akan Bangun Kereta Api dari Bandara Yogyakarta ke Borobudur

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menegaskan selain akan dibangun jalan raya selebar 9 meter, akan ada kereta api yang menghubungkan Bandara Internasional Yogyakarta di Kulonprogo dengan Borobudur dan bahkan sampai Bawen.

Hal itu diungkapkan Menteri Perhubungan usai berbicara dalam sebuah seminar di UGM, Sabtu (21/9/2019).

Dikatakan, kereta api ini juga akan melayani lingkar Jawa Tengah serta menghubungkan pula bandara-bandara besar di Jateng dan DIY.

“Kami mendapat perintah dari Pak Presiden untuk menyiapkan itu semuanya (konektivitas pariwisata Joglosemar) akhir 2020,” kata Budi Karya Sumadi.

Menurut Menhub, kawasan Joglosemar sebagai satu dari 10 destinasi wisata unggulan di Indonesia atau “Bali Baru” memiliki potensi pariwisata yang besar. Kendati demikian, persoalan konektivitas masih menjadi problem di kawasan itu.

Menhub mengatakan YIA dengan panjang landas pacu lebih dari 3.000 meter dan daya dukung yang tinggi mampu menampung semua jenis pesawat berbadan lebar termasuk dari mancanegara seperti Amerika Serikat (AS), Eropa, serta Timur Tengah.

Saat ini, lanjut Menhub, konektivitas kereta api dari Yogyakarta menuju Borobudur juga sudah dirancang termasuk jalan langsung yang dari Kulonprogo sampai ke Borobudur. (AR)

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close