Pemda Bodetabek Diminta Tekan Mobilitas Warganya ke Jakarta

Pemda Bodetabek Diminta Tekan Mobilitas Warganya ke Jakarta

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Diperlukan sinergitas antardaerah menyusul pengetatan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta untuk menekan perkembangan virus corona (covid-19).

Karena itu, Pemerintah daerah Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Bodetabek) diminta menekan mobilitas warganya ke wilayah Provinsi DKI Jakarta.

"Perlunya sinergitas antar daerah terutama yang bersebelahan. Dalam hal ini contoh yang perlu kita perhatikan bersama adalah daerah-daerah penyangga di seputar DKI Jakarta yaitu Bodebek, baik kota maupun kabupaten," kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito  dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (15/9/2020).

Menurut dia, penduduk daerah-daerah penyangga ibu kota ini memiliki mobilitas yang tinggi ke Jakarta. Untuk itu, pemda di daerah penyangga harus bisa menekan mobilitas warganya agar penerapan PSBB berhasil menurunkan penyebaran virus corona di DKI.

"Karena daerah ini aktivitas masyarakatnya saling memiliki mobilitas yang tinggi dengan DKI Jakarta, maka dari itu agar pemerintah daerah betul-betul dapat menekan kasusnya, menekan mobilitas penduduk, agar potensi penularannya dapat dicegah," jelasnya.

Selain itu, Wiku mengingatkan pentingnya koordinasi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam penanganan Covid-19. Dia meminta pemerintah daerah berkoordinasi secara rutin kepada pemerintah pusat sehingga kasus corona di tanah dapat terkendali.

"Agar kondisinya terkendali dan setiap bantuan yang diperlukan oleh pemerintah daerah dapat dikerahkan dari pemerintah pusat maupun juga bantuan kebijakan dan peraturan dari daerah sekitarnya," katanya. (Jo)