Nasional

Pembukaan Pesantren, Pakar: Jangan Sampai jadi Klaster Baru Corona

SURABAYA, SENAYANPOST.com – Pakar epidemiologi Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Windhu Purnomo, mengkhawatirkan rencana pembukaan kembali pondok pesantren di Jatim bisa menimbulkan potensi penularan Covid-19.

“Pesantren ini kan cukup berbahaya ya. Karena kan biasanya satu ruangan tidur itu dipenuhi santri, luar biasa padatnya,” kata Windhu di Surabaya, Selasa (2/6/2020).

Ia menyarankan, jadi seharusnya kalau santri-santri sekarang sedang dipulangkan, jangan kembali dulu ke pondok pesantren.

Apalagi, mengingat sudah ada salah satu pesantren di Temboro, Magetan, Jawa Timur, yang menjadi klaster besar penularan corona.

Ia pun meminta pihak pesantren untuk tak terburu-buru membuka dan memanggil semua santrinya.

“Saya rasa harus ditahan dulu jangan keburu untuk membuka pondok lagi. Karena kita tahu Pesantren Temboro itu bagaimana. Sudah ada contohnya. Jangan keburu buka pondok lagi,” pungkasnya.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyatakan siap memfasilitasi pondok pesantren yang akan kembali buka usai hampir tiga bulan tutup akibat pandemi virus corona (Covid-19). (Jo)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close