Pembukaan Gunung Gede dan Pangrango Masih Menunggu Arahan KLHK

Pembukaan Gunung Gede dan Pangrango Masih Menunggu Arahan KLHK
Gunung Gede dan Pangrango (foto wanadri)

CIANJUR, SENAYANPOST.com - Pembukaan kembali pendakian ke Gunung Gede dan Pangrango masih menunggu arahan dari Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLHK).

"Belum bisa memastikan kapan pendakian akan dibuka, sampai saat ini kita masih menunggu arahan dari pusat. Surat izin sudah dilayangkan dan sejumlah masukan serta persyaratan sudah dilakukan," kata Humas Taman Nasional Gunung Gede dan Pangrango (TNGPP), Poppy Oktadiani, di Cianjur, Jumat (16/10/2020).

Sejak penutupan pada 10 September 2020, pihak TNGGP terus melakukan evaluasi protokol kesehatan terkait langkah ke depan, termasuk berkordinasi dengan Gugus Tugas COVID-19 Cianjur. 

Pihaknya berharap setelah pendakian kembali dibuka, pendaki dapat mematuhi segala bentuk peraturan yang telah ditetapkan pada masa pandemi termasuk mematuhi protokol kesehatan secara ketat.

"Pendaki diharapkan mematuhi segala bentuk peraturan yang diterapkan terutama selama pandemi," kata Poppy.

Sebelumnya Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) resmi ditutup, Rabu 10 September, setelah beredarnya video di media sosial yang menyebutkan jumlah pendaki mencapai ribuan orang sehingga melebihi jumlah kuota selama pandemi COVID-19 yang melarang pendakian hingga menumpuk.