Pembubaran TKN, Jokowi tak Singgung Calon Menteri

Pembubaran TKN, Jokowi tak Singgung Calon Menteri

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Presiden terpilih Joko Widodo tidak membicarakan calon menteri secara spesifik pada acara pembubaran Tim Kampanye Nasional (TKN).

“Pada pertemuan tadi, Pak Jokowi tidak bicara soal calon menteri,” kata Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani, di Jakarta, Jumat (26/7/2019).

Ia menambahkan, Jokowi hanya mengucapkan terima kasih dan memberian apresiasi atas kerja keras TKN yang memenangkan pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin pada Pilpres 2019. Karena pertemuan ini hanya selamatan sekaligus pembubaran TKN.

Menurut Arsul Sani, Jokowi juga tidak membicarakan soal koalisi dan jumlah kursi di parleman.

“Pak Jokowi cuma mengingatkan agar TKN meskipun dibubarkan, jajarannya tetap kompak,” katanya.

Soal calon menteri, menurut dia Wakil Ketua TKN ini, nanti forumnya pada pertemuan antara Joko Widodo dan para ketua umum partai politik anggota Koalisi Indonesia Kerja (KIK).

“Saat ini belum ada pertemuan antara Pak Jokowi dan para ketua umum parpol. Akan tetapi, nanti akan bertemu,” katanya.

Arsul menambahkan bahwa pada pertemuan dengan TKN tadi, Jokowi cuma mempersilakan semua partai yang memiliki kader terbaiknya untuk diusulkan jadi menteri.

Kriteria yang disebutkan Joko Widodo, menurut Arsul, adalah figur yang memiliki jiwa kepemimpinan, mau bekerja keras, memiliki kemampuan tertentu, dan mampu mengeksekusi, serta memiliki integritas baik.

“Namun, soal usulan kader partai itu baru akan dibicarakan pada pertemuan antara Pak Jokowi dengan para ketua umum partai,” katanya. (JS)