Ekonomi

Pembangunan Tol Cisumdawu Terkendala Pembebasan Lahan

BANDUNG, SENAYANPOST.com – Wakil Ketua Komisi IV DPRD Jawa Barat, Daddy Rohanady, mengatakan pembangunan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan masih memiliki beberapa kendala.

Dalam peninjauannya, ia melihat masih ada masalah pembebasan lahan oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Lahan di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Ada masalah dengan pembebasan lahan, baik untuk fase satu maupun fase dua. Memang, dalam hampir semua pekerjaan berskala besar seperti itu, persoalan pembebasan lahan selalu mengemuka,” katanya di Bandung, Kamis (30/8/2018).

Ia mengatakan, fase satu menyisakan lahan cukup besar di seksi satu (Jatinangor/IPDN), sedangkan fase dua di seksi tiga lahan sudah bebas 99 persen lebih. Dan lahan di seksi empat hingga enam belum dibebaskan sama sekali.

Ia mengatakan, lahan di seksi empat hingga enam kondisinya seperti itu sebagai akibat adanya pengalihan trase dan pengalihan trase itu sendiri dilakukan karena lahan di trase lama dianggap sangat rawan karena kondisi tanah yang sangat labil. (MU)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close