Metropolitan

Pembangunan Fase II MRT Bundaran HI-Harmoni Dimulai Maret

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Pemprov DKI Jakarta meneken proyek pembangunan fase II Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta paket pertama dengan rute Bundaran HI-Harmoni (CP201) hari ini, Senin (17/2/2020).

Proyek dengan nilai kontrak mencapai Rp4,5 triliun ini akan dijalankan oleh konsorsium pemenang lelang yaitu Shimitsu Kobayashi dan PT Adhi Karya (Persero).

Penandatanganan itu dihadiri Gubernur Jakarta Anies Baswedan dan Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) William Syahbandar. PT MRT akan membangun terowongan sepanjang 2,8 kilometer dari Bundaran HI ke Harmoni dengan target selesai dalam 58 bulan atau hingga akhir 2024. Proyek akan dimulai pada Maret 2020 mendatang.

“Total akan ada 10 stasiun dalam fase II ini,” sebut William.

Sementara itu Anies mengingatkan kontraktor dan semua pihak jika proyek fase II ini lebih sulit dibandingkan pembangunan fase sebelumnya. Karena akan melewati kawasan cagar budaya Monas dan kawasan Medan Merdeka yag dikenal sebagai kawasan hijau.

Namun, Anies berharap pembangunan fase II MRT ini memberikan pelayanan yang lebih baik bagi warga ibu kota. Terutama dalam hal integrasi antartransportasi umum.

“Proyek fase II ini memiliki tantangan yang tidak biasa karena melewati kawasan strategis dan alam. Tapi proyek ini harus dilakukan sebagai bagian dari upaya membangun integrasi transportasi massal di Jakarta,” kata Anies.

Paket rute Bundaran HI- Harmoni menjadi bagian jalur MRT Bundaran HI-Kota yang membentang 5,8 kilometer. Akan ada 10 stasiun dalam rute ini yaitu Stasiun Bundaran HI, Thamrin, Monas, Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar, Glodok, Kota, dan Mangga Dua, serta depo di Ancol.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close