Pembangunan 4 Bendungan Dipastikan Selesai Akhir Tahun Ini

Pembangunan 4 Bendungan Dipastikan Selesai Akhir Tahun Ini
Pambangunan Bendungan oleh PUPR (foto CNNIndonesia)

JAKARTA, SENAYANPOST.com Sampai akhir tahun ini, Kementerian PUPR akan menyelesaikan pembangunan empat bendungan. Empat bendungan itu merupakan hasil peralihan proyek pembangunan pada 2014-2019 ke 2020-2024.

Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR Jarot Widyoko merinci keempat proyek itu adalah, Bendungan Tapin di Kalimantan Selatan, Bendungan Tukul Pacitan di Jawa Timur, Bendungan Napun Gete di Nusa Tenggara Timur, dan Bendungan Passeloreng di Sulawesi Selatan.

"Ada empat bendungan yang insyaallah (selesai) tahun ini dan nanti di 2021 akan ada beberapa percepatan yang kami kejar agar bisa segera berfungsi," ujar Jarot saat berbincang dengan awak media secara virtual, Jumat (16/10/2020).

Direktur Bendungan dan Danau Kementerian PUPR Airlangga Mardjono menambahkan empat bendungan ini merupakan hasil peralihan pengerjaan proyek pada periode pemerintahan sebelumnya. Sementara untuk 2020-2024, rencananya ada 61 bendungan yang akan dibangun.

Itu terdiri dari 9 bendungan di Pulau Sumatera, 24 bendungan di Pulau Jawa, 4 bendungan di Pulau Kalimantan, 9 bendungan di Pulau Sulawesi, 3 bendungan di Pulau Bali, 11 bendungan di Pulau Nusa Tenggara, dan satu bendungan di Pulau Maluku.

Dari jumlah itu, 15 bendungan sudah selesai dibangun. Lalu, 41 bendungan masih tahap pengerjaan dan lima bendungan baru yang direncanakan.

"Dari lima bendungan (yang direncanakan), dua bendungan sudah terkontrak dan tiga bendungan masih proses lelang dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi sedang disusun konsepnya dan akan memulai persiapan," jelas Airlangga pada kesempatan yang sama.

Ia memperkirakan 43 dari 61 bendungan akan dimanfaatkan untuk mereduksi banjir sebesar 13.458,33 meter kubik per detik. Airlangga mengatakan total kapasitas tampung air bertambah sekitar 1,24 miliar meter kubik dari 15 bendungan yang sudah selesai dibangun.

Proyeksinya, bila 61 bendungan selesai pada 2024, maka akan ada tambahan kapasitas tampung air mencapai 2,59 miliar meter kubik. Sementara saat ini, ada 242 bendungan di dalam negeri dengan total kapasitas tampungan 7,2 miliar meter kubik.

Namun kapasitas yang terisi baru 2,8 miliar meter kubik atau 38,33 persen dari kapasitas total. Lebih lanjut, bendungan yang sudah jadi pun diharapkan bisa ditingkatkan kapasitas tampungan airnya ke depan.

"Sehingga diharapkan nanti di 2024, tampungan air di bendungan bisa mencapai 16,29 miliar, tentunya ini masih sangat jauh dari rata-rata jumlah air yang ada di Indonesia yang pernah tercatat dalam satu tahun baik saat hujan dan kemarau, itu rata-rata 3 triliun meter kubik per tahun," tandasnya.