Ekonomi

Pemanfaatan Teknologi Informasi Jadi Indikator Keberhasilan UMKM

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Pemanfaatan teknologi informasi menjadi salah satu indikator keberhasilan peningkatan daya saing usaha mikro kecil menengah (UMKM).

“Teknologi informasi memberikan banyak kemudahan,” kata Deputi Bidang Pembiayaan, Kemenkop dan UKM, Yuana Sutyowati, dalam keterangan tertulis, Senin (26/3/2018).

Ia menambahkan, kemudahan itu antara lain mampu mencatatkan transaksi real time kapan saja dan dimana saja dapat melakukan transaksi.

Selain itu, tambahnya, juga kemudahan layanan dengan melakukan pembayaran secara online, jangkauan transaksi tidak terbatas, optimalisasi pemasaran, serta perluasan jejaring bisnis.

Sebelumnya, Yuana menghadiri Milad ke 5 Koperasi Syariah Benteng Mikro Indonesia (Kopsyah BMI).

Sejak berdiri hingga sekarang, Kopsyah BMI telah memberikan layanan keuangan syariah kepada 132.940 orang anggota dan simpanan anggota Rp 1,3 miliar, serta akumulasi penyaluran pembiayaan syariah mencapai Rp 2,6 triliun.

Yuana mengapresiasi Kopsyah BMI karena telah memperoleh kepercayaan tidak hanya dari anggota, masyarakat dan pemkab Tangerang, maupun Lembaga Swadaya Indonesia Urban Water, Sanitation and Hygiene (IUWASH USAID), water.org dan kiva.org.

LSM itu bekerjasama melaksanakan program renovasi sanitasi dan penyediaan air bersih.

Selain itu, dalam bidang perumahan Kopsyah BMI membangun Rumah Layak Huni (RLPH) yang memenuhi standar international minimal yang ditetapkan UN Habitat, yakni lembaga resmi di bawah PBB dan dikembangkan secara gratis bagi anggotanya, baik yang terkena bencana alam, kebakaran maupun tidak layak huni. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close