Internasional

Peluncuran Rudal Korea Utara 'Gagal'

15 April 2016

Korea Utara menggelar uji coba peluncuran rudal pada Jumat (15/04) pagi, namun uji coba itu kelihatannya gagal, kata pejabat Korea Selatan dan Amerika Serikat.

Peluncuran itu bertepatan dengan hari ulang tahun pendiri Korut, mendiang Kim Il-sung, kakek pemimpin Korut saat ini, Kim Jong-un.

Sejumlah pejabat Korsel mengatakan belum bisa memastikan tipe rudal yang ditembakkan dan jangkauannya.

Amerika Serikat juga tidak mengonfirmasi jenis rudal yang diluncurkan Korut.

“Kami kembali menyeru kepada Korea Utara untuk menahan diri dari aksi-aksi dan retorika yang menambah ketegangan di kawasan dan fokus pada langkah-langkah konkret menuju perwujudan komitmen dan kewajiban internasional,” ujar seorang pejabat Departemen Luar Negeri AS.

Selama beberapa bulan terakhir, Korut telah menguji rudal dan nuklirnya. Bahkan, pada Februari lalu, Korut telah melesatkan sebuah roket yang diklaim membawa sebuah satelit ke luar angkasa.

Rekam jejak aksi Korut

  • Februari 2016: Meluncurkan roket yang diklaim membawa satelit.
  • Mei 2015: Mengumumkan telah meluncurkan rudal yang dilesatkan dari kapal selam untuk pertama kalinya. Namun, klaim tersebut diwarnai keraguan sejumlah analis.
  • Desember 2012: Meluncurkan roket tiga tahap dan sukses menempatkan sebuah satelit pada orbit. Pejabat Departemen Pertahanan AS mengonfirmasi terdapat objek di orbit.
  • April 2012: Roket tiga tahap meledak sesaat setelah diluncurkan, jatuh ke laut.
  • April 2009: Roket tiga tahap diluncurkan. Korut mengklaim peluncuran berjalan sukses, namun AS menyatakan roket itu gagal dan jatuh ke laut.
  • Juli 2006: Meluncurkan rudal jarak jauh bernama Taepodong-2. AS mengatakan rudal itu jatuh sesaat setelah diluncurkan.

Sumber:

http://www.bbc.com/indonesia/dunia/2016/04/160414_dunia_korut_uji_rudal

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close