Lintas Daerah

Pelari 12 Negara Ramaikan Malang Marathon 2018

MALANG, SENAYANPOST.com – Pelari dari 12 negara bersama sekitar 2.000 pelari dari berbagai daerah berpartisipasi sekaligus meramaikan perhelatan Malang Marathon 2018 dengan start di Balai Kota Malang dan finis di Stasiun Kotabaru Malang, Minggu (29/7/2018).

Pelari mancanegara yang berpartisipasi di ajang Malang Marathon itu di antaranya berasal dari Kenya, Inggris, Amerika Serikat (AS), Singapura, Malaysia, Korea, Filipina, dan Somalia.

Malang Marathon tahun ini dibagi menjadi tiga kategori, yakni dengan jarak tempuh 5 kilometer, 10 kilometer dan 21 kilometer. Rute lari marathon tersebut dimulai dari bundaran alun-alun Tugu Kota Malang dan finis di Stasiun Kota Malang.

Plt Wali Kota Malang Sutiaji memotivasi kepada seluruh peserta. “Salam Satu Jiwa,…Arema. Salam Satu Jiwa,…Indonesia. Kita lari sama-sama, semangat sama-sama, sampai tujuan sama-sama,” kata Sutiaji.

Sutiaji mengatakan olahraga mencerminkan karakter Indonesia. Oleh karena itu, gelorakan semangat merah putih, semangat salam satu jiwanya.

“Dari Malang untuk Indonesia dan dari Malang untuk dunia,” ucapnya.

Komandan Korem (Danrem) 083/Baladhika Jaya Kolonel (Inf) Bagus Suryadi Tayo juga menyemangati para pelari (peserta). “Selamat pagi runner, sudah siap hadapi tantangan hari ini, tetap jaga sportivitas, mari kita lanjutkan lari bersama-sama,” kata Bagus.

Para pelari pelari bisa menikmati keindahan Kota Malang di sepanjang rute yang dilewati. Tak hanya itu, mereka juga melewati destinasi wisata Kota Malang yang kini telah mendunia, Kampung Warna Warni Jodipan.

Dandim 0833/Kota Malang, Letkol (Inf) Nurul Yakin menambahkan event ini berawal dari terbentuknya komunitas pelari di Malang raya atau Kolamara.

“Dari situ ingin ciptakan satu event. Dan akhirnya terealisasi Malang Marathon 2018, ini merupakan event yang ditunggu-tunggu,” katanya.

Terselenggaranya event Malang Marathon pun mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Kota (Pemkot) Malang, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forpimda), dan seluruh masyarakat Kota Malang.

“Alhamdulillah penyelenggaraan event ini berjalan dengan aman, lancar dan tertib,” ucapnya.

Dandim berharap, pada tahun depan bisa terselenggara event serupa dengan peserta yang lebih banyak lagi.

“Tahun ini pesertanya sekitar dua ribu karena kita batasi, semoga tahun depan bisa lebih banyak lagi, bahkan bisa dua kali lipat,” katanya. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close