Ekonomi

Pelaku Usaha Kecil Harus Diperkuat Melalui Koperasi

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Rully Indrawan mengajak masyarakat pelaku usaha kecil menengah (UKM) bergabung dalam satu wadah usaha bernama koperasi.

Karena, apa yang kita lakukan harus memiliki manfaat bagi orang banyak. Kita juga tidak bisa melakukan segala sesuatu sendiri.

Yang tak kalah penting, di negara-negara maju itu seperti di Skandinavia dan Selandia Baru, masyarakatnya saling membantu dan bergantung satu sama lain.

“Itu semua merupakan filosofi dari berkoperasi,” tegas Rully dalam keterangan tertulis, Kamis (1/8/2019).

Sebelumnya, Rully menghadiri acara Diklat Penyusunan Laporan Pertanggungjawaban Pengurus Koperasi di Kabupaten Kepulauan Selayar, Kota Benteng, Sulawesi Selatan, Selasa (30/7/).

Rully mengatakan bahwa luasnya wilayah Indonesia maka kita harus melakukan kerjasama untuk menyelesaikan masalah yang ada. “Tidak mungkin menyelesaikan sendiri. Itulah maka kita harus berkoperasi,” ujar Rully.

Ia mencontohkan, UKM membuat produk (kue) yang akan dijualnya ke warung-warung. Namun, UKM tidak hanya menjual produk, melainkan juga harus mengurus masalah lain, seperti urus izin usaha, hak merek, beli bahan baku, urus desain, kemasan, dan sebagainya. Itu semua tidak mungkin dilakukan sendiri.

“Solusinya, dengan berkoperasi maka akan ada orang yang memikirkan hal-hal tersebut,” jelasnya.

Contoh lain, nelayan tugasnya mencari ikan, sementara pengurus koperasi melakukan tugas lainnya. Yakni, menjual hasil tangkapan nelayan, negosiasi dengan pemerintah atau pihak ketiga lainnya, mencari kapal dengan kapasitas lebih besar, menjual ikan dengan harga lebih menguntungkan, dan sebagainya.

“Itu tugas pengurus koperasi,” tandasnya.

Intinya, lanjut Rully, menjadi manajer koperasi banyak yang harus dikerjakan. Misalnya, menciptakan kemasan produk agar lebih menarik, mendorong harga lebih kompetitif di pasar, dan sebagainya. Karena itu, Rully berharap agar laporan keuangan koperasi itu harus rapi, akuntabel, dan bisa dipertanggungjawabkan.

“Kalau administrasi rapi maka pihak lain pun akan percaya untuk menjadikan koperasi sebagai mitra usaha,” ungkapnya. (JS)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close