Pelaku UMKM Babel Didorong Untuk Adaptif dengan Digitalisasi

Pelaku UMKM Babel Didorong Untuk Adaptif dengan Digitalisasi
Gubernur Babel Erzaldi Rosman

BABEL, SENAYANPOST.com - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (babel) mendorong pelaku UMKM di daerah ini untuk adaptif dengan digitalisasi agar produk-produk yang dihasilkan bisa menembus pasar global.

"Tantangan harus bisa kita jadikan peluang. Seperti sekarang ini, pelaku UMKM harus adaptif dengan digitalisasi, karena melalui pemasaran digital, produk-produk dapat menembus pasar global," ujar Gubernur Babel Erzaldi Rosman, di Pangkalpinang, Rabu (9/9/2020).

Ia mengatakan, untuk memulai usaha, pelaku UMKM tidak hanya mengandalkan modal tetapi harus memiliki strategi manajemen. "Usaha harus diawali dengan perencanaan mulai dari pembuatan produk, pengemasan, sampai kepada pemasarannya," katanya.

Di tengah pandemi Covid-19 ini, Gubernur Erzaldi mengajak pelaku usaha untuk mensikapinya dengan melakukan berbagai upaya agar ekonomi masyarakat terus menggeliat. 

Selain itu, pelaku UMKM diajak untuk memanfaatkan berbagai stimulus fiskal yang dikucurkan oleh pemerintah untuk memajukan UMKM di Babel. "Ada beberapa jenis KUR yang bisa kita berikan, baik tanpa agunan maupun dengan agunan," ujarnya.(WS)