Pelaku Pembangunan Apartemen Versus P3SRS

06:00
277
Tim Hukum SenayanPost yang saya hormati, Pada tahun 2014 saya membeli apartemen di wilayah Jakarta Selatan. Namun hingga saat ini, Sertifikat Hak Milik (SHM

Tim Hukum SenayanPost yang saya hormati,

Saya pada tahun 2014 membeli apartemen di wilayah Jakarta Selatan, namun hingga saat ini Sertifikat Hak Milik belum terbit bahkan Akta Jual Beli (AJB) belum ditandatangani dengan alasan sertifikat induk belum dipecah dan masih menunggu pemecahan dari instansi terkait.

Saat ini saya hanya memegang Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB) dan Berita Acara serah terima unit dan unit sudah ditempati.

Terkait masalah pengelolaan apartemem, sampai saat ini pelaku pembangunan (developer) masih bertindak sebagai badan pengelola apartemen dan tanpa persetujuan dari penghuni menunjuk pihak ketiga mewakili melakukan pengelolaan yang berhadapan langsung dengan penghuni dengan alasan P3SRS belumterbentuk.

Pertanyaan: sampai kapan pelaku pembangunan (developer) sebagai badan pengelola dan siapa yang membentuk P3SRS dan bagaimana bila menunjuk pihak ketiga tanpa persertujuan penghuni?
Tono / Jakarta Selatan

Jawab :
Sebelum menjawab pertanyaan terlebih dahulu kami jelaskan mulai berdirinya apartemen sampai dengan dihuni ada dua badan hukumyang terlibat yang biasanya dikenal dengan pelaku pembangunan/pengembang (developer) dan badan pengelola apartemen.

Pelaku pembangunan adalah perusahaan/badan hukum yang membangun rumah susun/apartemen sampai dengan melakukan jual beli dan serahterima unit.

Sedangkan badan pengelola bertugas mengelola apartemen agar nyaman dihuni dan berkewajiban melakukan pemeliharaan, pemeriksaan terhadap bangunan bersama, benda bersama dan tanah bersama serta ketertiban dan keamanan penghuni dll, lalu secara berkala memberikan laporan kepada perhimpunan penghuni disertai permasalahan dan usulan pemecahannya.

Sedangkan hak dari badan pengelola, menerima pembayaran iuran pengelolaan atau service charge dari masing-masing penghuni rumah susun.

Badan pengelola baik dan berkekuatan hukum adalah yang dibentuk dan disetujui oleh Perhimpunan Pemilik dan Penghuni Satuan Rumah Susun (P3SRS).

Menjawab pertanyaan ini, mohon kiranya Saudara membaca kembali dengan teliti Pengikatan Perjanjian Jual Beli (PPJB) dan Berita Acara SerahTerima Unit biasanya memuat sebelum terbentuknya P3SRS pelaku pembangunan langsung memposisikan diri bertindak selaku pengelola sampai P3SRS terbentuk.

Hal tersebut disebabkan dalam praktek jual beli apartemen tidak semua fasilitas siap dan nyaman dihuni dan juga tidak semua unit langsung laku terjual sehingga dalam kondisi seperti ini masih perlu melibatkan pelaku pembangunan (developer) bertindak selaku badan pengelola.

Comments

comments