PolriTerorisme

Pelaku Bom Bunuh Diri Mapolrestabes Surabaya Sempat Pantau Polda Jatim

SURABAYA, SENAYANPOST.com – Pada Senin (14/5/2018) minggu lalu, Markas Kepolisian Resort Kota Besar (Mapolrestabes) Surabaya, Jawa Timur, digemparkan oleh ledakan bom yang dilakukan satu keluarga. Tepatnya sekitar pukul 08.50 WIB, dua sepeda motor yang masing-masing berboncengan meledak di depan gerbang pintu masuk Mapolrestabes Surabaya.

Akibatnya empat bomber tewas di tempat, satu anak bomber inisial AA (8) selamat, serta sejumlah polisi dan pengunjung pun terluka parah

Belakangan diketahui bahwa Tri Murtiono, sang kepala keluargalah yang menggawangi aksi ini. Bahkan, ia telah merencanakan aksi matang-matang. Setidaknya, hal itu dikatakan langsung oleh Direktur Intelkam Polda Jatim, Kombes Pol Teddy Setiadi.

1. Tri Terlihat Memantau Acara Istighosah Akbar di Polda Jatim

Teddy mengungkapkan, Tri terlihat memantau acara istighosah akbar, Minggu (13/5/2018) yang diadakan oleh Polda Jatim. Kedatangannya sempat diawasi oleh para anggota kepolisian.

“Dia nongkrong di sini (menunjukkan foto) duduk dipinggir jalan Frontage Road Ahmad Yani sekitar Kampus Universitas Bhayangkara. Lalu difoto anggota karena mencurigakan,” terang Teddy di ruang Kapolda Jatim, Surabaya, Senin (21/5/2018).

2. Tri Diduga Lanjutkan Pantauan ke Polrestabes Surabaya

Lebih lanjut, saat ditanya apakah Tri melanjutkan pergerakan ke Mapolrestabes Surabaya, Teddy menuturkan kemungkinan besar dia berjalan di sana.

“Karena saya waktu terima foto ini sekitar pukul 11.30 WIB. Kemudian dia sudah pergi, ada kemungkinan ke sana (Polrestabes Surabaya),” kata Teddy.

3. Tri Merencanakan Matang Rencana Aksi dengan Dita dan Anton

Selain itu, terkait kejadian bom beruntun di Surabaya dan Sidoarjo ini, Teddy membenarkan pelaku tiga keluarga ini berkaitan. Bahkan ketiganya saling kenal dan merencanakan matang teror tersebut.

“Mereka melakukan pengajian tiap minggu rutin tapi berbeda. Yang jelas dia itu menonton film-film jihad. Komunikasinya saat berkumpul itu. Jadi disendirikan, istrinya suaminya nonton. Anaknya juga diajak menonton film jihad,” pungkas Teddy.

SURABAYA, SENAYANPOST.com – Polisi memastikan kartu keluarga (KK) milik bomber Tri Murtiono (50) di Mapolrestabes Surabaya, Jawa Timur, ditemukan di lokasi ledakan. KK tersebut disimpan pelaku di dalam tas. Hal itu diungkapkan Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera. "(KK) Bukan (Ditemukan di rumah), di

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close