Nasional

Pelajar Demo di DPR, KPAI: Ada Aktor Intelektual

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Jasra Putra mengungkapkan ada aktor intelektual yang menggerakkan ratusan pelajar sekolah menengah berdemontrasi di DPR, pada Rabu (25/9).

“Kami di KPAI berpikir, kok bisa ya sepanjang sejarah pengawasan kita ini,” kata Jasra saat jumpa pers di Kantor KPAI, Teuku Umar, Jakarta Pusat, Kamis (26/9/2019).

Ia menambahkan, pihaknya dengan Polda Metro Jaya sudah berkordinasi untuk mencari aktor inteleknya siapa diduga memprovokasi para pelajar ini.

“Karena mereka engga ngerti apa-apa dan aksinya seperti apa,” katanya.

Jasra menambahkan, KPAI mengendus masifnya gerakan itu disinyalir beredar lewat sosial media. Karenanya, saat ini KPAI mendorong Kementerian Komunikasi Informasi untuk turut berperan aktif dalam melacak sumber pesan berantai yang memancing aksi terkait.

Foto: kompas.com

“Kami meminta Kominfo dan cyber crime Mabes Polri untuk melacak undangan aksi itu. Penyebar harus dimintai pertanggungjawaban,” Jasra memungkasi.

Sedangkan Komisioner KPAI lainnya, Putu Elvina, menyatakan penanganan anak di bawah umur dalam aksi seperti kemarin telah tertuang dalam Peratuan Kapolri Nomor 23 tahun 2010 yang di dalamnya mengatur satuan kerja tingkat resor hingga sektor dalam penanganan massa.

“Jadi karena kemarin melibatkan anak, penangannya harus beda, dan harusnya lewat dari 24 jam mereka harus dipulangkan jika tidak terindikasi tindak pidana,” jelas Elvina. (JS)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close