Internasional

Pejabat India: Pasukan China Mulai Ditarik dari Perbatasan

JAKARTA, SENAYANPOST.com – China dikabarkan mulai menarik mundur pasukan dari sepanjang perbatasan India-China. Ketegangan antara kedua negara meningkat setelah adanya bentrokan antara tentara kedua negara.

Pasukan kedua negara bertempur selama berjam-jam dengan hanya bermodalkan tangan dan tongkat pada 15 Juni malam, dengan sebagian jatuh hingga meninggal di sungai Galwan di Himalaya barat, yang sangat dingin.

“Militer China terlihat membongkar tenda dan bangunan di sebuah situs di lembah Galwan dekat tempat bentrokan terakhir terjadi,” kata narasumber pejabat pemerintah India, yang enggan diungkapkan jatidirinya.

“Kendaraan terlihat menarik diri dari daerah itu, serta di Hotsprings dan Gogra, dua zona perbatasan yang diperebutkan,” sambungnya, seperti dilansir Channel News Asia pada Selasa (7/7/2020).

Menanggapi pertanyaan apakah China telah memindahkan peralatan di lembah Galwan, juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Zhao Lijian mengatakan kedua belah pihak mengambil langkah-langkah efektif untuk melepaskan dan meredakan situasi di perbatasan.

“Kami berharap India akan bertemu China di tengah jalan dan mengambil langkah konkret untuk melaksanakan apa yang disepakati kedua belah pihak, terus berkomunikasi secara erat melalui saluran diplomatik dan militer, dan bekerja sama untuk mendinginkan situasi di perbatasan,” ucapnya.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close