Politik

PDIP Putuskan Nasib Gibran Paling Lambat 23 Maret

JAKARTA, SENAYANPOST.com – PDIP akan memutuskan siapa yang akan diusung sebagai calon wali kota Solo. Keputusan akan diambil paling lambat akhir Maret 2020.

Hal itu disampaikan Ketua DPP PDIP Bidang Pemenangan Pemilu Bambang Wuryanto atau yang akrab disapa Pacul.

“Selambat-lambatnya tanggal 23 Maret. Itu adalah selambat-lambatnya pengumuman dari seluruh wilayah,” kata Pacul kepada wartawan, Kamis (13/2).

Sebalumnya, putra sulung Presiden Jokowi Gibran Rakabuming Raka telahmelaksanakan fit and proper test di DPP PDIP, pada Senin (10/2) lalu.

Pacul menjelaskan, laporan terkait fit and proper test Gibran seyogyanya akan dilaporkan kepada Ketum PDIP Megawati Soekarno Putri Pada Rabu (12/2) kemarin.

Namun, batal karena Megawati dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto berada di Istana Kepresidenan untuk menghadiri pelantikan Kepala Bakamla.

“Rapat Rabu kemarin belum bisa disajikan karena Ibu Ketua Umum dan Pak Sekjen menghadiri pelantikan (Kepala) Bakamla di Istana. Kalau kemarin Ibu Ketua Umum hadir, mungkin sudah bisa diambil keputusan,” ujar Ketua DPD PDIP Jawa Tengah ini.

Sekretaris Fraksi PDIP DPR itu mengungkapkan, PDIP terbuka jika partai lain ingin bergabung mengusung Gibran di Pilwalkot Solo. Meski begitu, dia menegaskan siapa pun yang ingin maju lewat PDIP, harus mengikuti prosedur.

“Kalau Golkar mau mendukung dan mengusung monggo, Gerindra monggo. Tetapi kita semua yang mendaftar di PDIP calonnya akan ditimbang, diukur dengan mekanisme tahapan sebagaimana yang dilakukan oleh partai secara tertib,” katanya.

Lebih lanjut, Anggota Komisi VII DPR itu meyakini, Gibran akan tetap di PDIP jika nantinya keputusan DPP tidak memberikan rekomendasi di Pilwalkot Solo. Menurut Pacul, hal itu sudah dijelaskan Gibran usai fit and proper test di DPP PDIP.

“Saya kira apa yang diucapkan setelah fit and proper test itu bahwa tidak mendapat rekomendasi dari PDIP pun Mas Gibran akan mendukung dan berjuang bersama PDIP. Itu statement dia loh, bukan saya,” tandasnya.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close