Politik

PDIP Dukung Pemulangan Dubes Saudi Osama Suaibi

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Pernyataan Dubes Arab Saudi, Osama Muhammad Abdullah Al-Suabi terkait GP Ansor yang disebut sebagai organisasi menyimpang dan sesat, jelas akan mengganggu hubungan Indoensia dan Arab Saudi.

“Apalagi dia menyebut Reuni 212 pada Minggu (2/12/2018) di Monas itu sebagai reaksi dari pembakaran kalimat tauhid oleh anggota Banser GP Ansor. Itu jelas tak berdasar dan tak paham politik Indonesia,” kata Hamka Haq, anggota Komisi VIII DPR itu, Kamis (6/12/2018).

Menurut Hamka, Dubes Saudi itu juga termasuk mencampuri urusan dalam negeri Indonesia. Dimana pernyataannya sudah keluar dari prinsip-prinsip diplomatik.

“GP Ansor kan dibawah naungan NU,” ujarnya.

Hamka menyesalkan sikap Dubes Arab Saudi yang telah menuduh organisasi GP Ansor sebagai organisasi yang sesat.

“Sikap Osama Suaibi itu berpotensi mengganggu hubungan baik kedua negara,” tambah Hamka.

Karena itu kata Hamka, PDIP mendukung sikap tegas Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) yang meminta Kerajaan Saudi memulangkan Dubes Osama dan menggantinya dengan pejabat baru.

Hamka berharap dubes yang baru bisa memahami kode etik diplomatik, serta tak mencampuri urusan dan kedaulatan bangsa Indonesia.

“PDIP percaya Pemerintahan Jokowi yang responsif dan memegang teguh etika diplomasi politik internasional, akan menindaklanjuti desakan PBNU tersebut,” ujarnya. (MU)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close