Lintas DaerahPolitik

PDIP dan PKB Saling Klaim Kemenangan dalam Pileg 2019 di Jatim

SURABAYA, SENAYANPOST.com – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) saling klaim kemenangan dalam Pileg 2019 di Jawa Timur.

Dengan perolehan 4.110.205 suara, PDI-P mengklaim menang karena berhasil merebut 27 kursi di DPRD Jawa Timur. Perolehan suara PKB lebih banyak yakni 4.380.740 suara. Sayangnya hasil suara tersebut hanya bisa dikonversi menjadi 25 kursi di DPRD Jawa Timur.

Minggu (12/5/2019) sore, bahkan DPD PDI-P Jawa Timur menggelar tasyakuran kemenangan dengan memotong tumpeng nasi kuning.

“Kemenangan PDI-P juga turut mendorong kemenangan Jokowi-Ma’ruf Amin di Jatim dengan angka 65,7 persen,” kata Ketua DPD PDIP Jawa Timur Kusnadi.

Selain menang di DPRD Jawa Timur, kata Kusnadi, PDI-P juga menang di 18 DPRD kabupaten dan kota di Jawa Timur.

“Itu artinya, selain mendapatkan jatah ketua DPRD Jatim, PDI-P juga mendapatkan 18 kursi ketua DPRD kabupaten dan kota di Jatim,” katanya.

Di Pileg 2014, PKB menjadi pemenang dengan perolehan 20 kursi, sementara PDI-P di posisi runner up dengan 19 kursi. Saat itu, jumlah kursi DPRD Jawa Timur masih 100 kursi.

Secara terpisah, Wakil Ketua DPW PKB Jawa Timur Hikmah Bafaqih menyebut PKB masih tetap menjadi pemenang di Jawa Timur.

“Pemenang di hati rakyat tetap PKB karena PKB yang suaranya paling banyak,” katanya, Senin (13/5/2019) siang.

Menurutnya, PKB dikalahkan oleh sistem penghitungan baru yang diterapkan di Pileg 2019.

“Banyak suara PKB yang tidak bisa dikonversi menjadi kursi seperti di Madura, Malang Raya, Madiun, dan Nganjuk,” katanya.

KOMENTAR
Tags
Show More
Close