Internasional

PBB Segera Buka Sekolah untuk Anak Pengungsi Palestina

RAMALLAH, SENAYANPOST.com – PBB memastikan ratusan sekolah untuk anak-anak pengungsi Palestina bakal kembali dibuka untuk tahun ajaran mendatang, Kepastian itu setelah adanya pendanaan baru.

Badan PBB untuk pengungsi Palestina, UNRWA, mengatakan sekitar 711 sekolah yang dijalankan untuk 526.000 anak-anak Palestina di Gaza,Yordania, Lebanon dan Suriah itu akan buka pada tahun ajaran mendatang.

Ratusan sekolah yang sempat ditutup karena ketiadaan dana itu dapat kembali beroperasi setelah UNRWA mengalokasikan tambahan dana sebesar USD238 juta (sekitar Rp3,4 triliun) sejak awal tahun ini.

Namun mereka memperingatkan bahwa tambahan dana tersebut hanya cukup untuk biaya operasional sekolah hingga September.

Dana untuk UNRWA “Kami masih membutuhkan tambahan dana USD217 juta (sekitar Rp3,1 miliar) untuk memastikan sekolah kami tidak hanya kembali buka namun juga dapat beroperasi hingga akhir tahun,” kata UNRWA dalam pernyataannya, Kamis (16/8/2018).

Untuk sementara, sekolah-sekolah anak pengungsi Palestina itu akan dibuka antara 29 Agustus dan 2 September mendatang. Demikian lanjut pernyataan badan PBB tersebut.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres dan sejumlah pihak lainnya sempat mengkhawatirkan sekolah-sekolah untuk anak-anak pengungsi Palestina tersebut mungkin tidak dapat dibuka.

Kekhawatiran itu menyusul adanya kekurangan dana yang dipicu keputusan AS menahan sebagian bantuan untuk Palestina.

UNRWA telah menghadapi pembekuan dana hingga USD300 juta (sekitar Rp4,3 triliun) dari AS karena Presiden Trump menuntut perubahan pada agensi itu dan untuk menekan agar Palestina mau kembali ke meja perundingan.

Negara-negara lain sejak saat itu telah meningkatkan kontribusi nya kepada UNRWA demi menggantikan dana yang ditahan AS, namun tetap tidak mencukupi. (WW)

KOMENTAR
Lihat selanjutnya
Close