InternasionalTak Berkategori

Paus Fransiskus Cuci dan Cium Kaki Narapidana, Dua di Antaranya Muslim

VATIKAN, SENAYANPOST.com – Paus Fransiskus mencuci dan mencium kaki 12 tahanan di penjara Kota Roma, Italia, Kamis (29/3). Tak pandang bulu, pemimpin tertinggi Gereja Katolik ini rela bersimpuh di hadapan narapidana, membersihkan dan mencium kaki mereka, termasuk dua orang Muslim.

Tahanan lain adalah 8 orang beragama Katolik, 1 Kristen Orthodox, dan 1 Buddha. Mereka berasal dari Italia, Filipina, Moroko, Moldavia, Kolombia, dan Sierra Leone.

Mereka adalah tahanan di penjara Regina Coeli. Paus melakukan ritual kerendahan hati ini seperti yang diajarkan Yesus kepada 12 muridnya pada malam sebelum dia meninggal.

“Setiap orang selalu memiliki kesempatan untuk mengubah hidupnya dan orang lain tak berhak mendikte,” kata Paus Fransiskus di depan para narapidana, seperti dikutip dari Channel News Asia, Jumat (30/3/2018).

Ini adalah keempat kalinya Paus Fransiskus merayakan Misa Kudus di penjara Italia, sejak ia dilantik pada 13 Maret 2013.

“Saya harap, dengan menjenguk orang sakit, mendatangi penjara, bisa membuat mereka merasa bahwa harapan dari rehabilitasi masih ada, itulah yang diajarkan Gereja,” ucapnya.

Ritual tersebut dilakukan Paus Fransiskus sebagai bagian dari perayaan Kamis Putih. Kali ini, ia memilih untuk mendatangi penjara khusus pria, Regina Coeli.

Dalam tradisi Kristen dikatakan bahwa Yesus telah membasuh kaki mereka sebelum jamuan makan dimulai, dengan sikap rendah hati.

“Aku orang berdosa sepertimu, tetapi hari ini aku mewakili Yesus… Tuhan tidak pernah meninggalkan kita, tidak pernah lelah memaafkan kita,” sebut Paus Fransiskus.

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close