Paus Fransiskus Beri Ucapan Selamat ke Joe Biden

Paus Fransiskus Beri Ucapan Selamat ke Joe Biden

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Paus Fransiskus memberikan ucapan selamat kepada Presiden terpilih AS Joe Biden, Kamis (12/11/2020). 

Keduanya kompak ingin membangun kembali hubungan setelah empat tahun diselimuti ketegangan di bawah kepemimpinan Presiden Donald Trump.

Pembicaraan antara Paus Fransiskus dengan Biden lewat sambungan telepon itu dipublikasi oleh tim transisi Biden. 

Jika tidak ada aral melintang, Biden akan menjadi Presiden kedua Amerika Serikat yang beragama Katolik.

Dia rencananya akan dilantik pada 20 Januari 2020. Kendati begitu, Trump belum mau menerima hasil pemilu dan saat ini sedang melayangkan gugatan atas dugaan penipuan suara.

Paus Fransiskus silang pendapat dengan Presiden Trump untuk sejumlah isu, diantaranya masalah Amerika dengan Cina, perubahan iklim, Kuba dan imigrasi.

“Presiden terpilih berterima kasih kepada Paus Fransiskus atas restu dan ucapan selamat yang diberikan. Dia (Biden) mengapresiasi kepemimpinan Paus Fransiskus yang mempromosikan perdamaian, rekonsiliasi dan ikatan kemanusiaan di seluruh dunia,” demikian bunyi pernyataan tim transisi Biden dilansir Tempo.

Dijelaskan pula, Biden sangat menantikan kesempatan untuk bisa bekerja sama atas dasar kepercayaan bersama dan kesetaraan bagi semua umat manusia dalam berbagai hal seperti merawat orang-orang yang terpinggirkan, mengatasi krisis perubahan iklim dan menyambut serta mengintegrasikan imigran dan pengungsi ke dalam komunitas masyarakat setempat.

Sebelumnya Paus Fransiskus pernah mengkritik pemerintahan Trump yang membangun tembok perbatasan Amerika Serikat – Meksiko. Ketika itu, Paus mengatakan orang yang ingin membangun tembok ini bukan umat Kristen. 

Paus juga mengkritik sikap Trump yang keluar dari Kesepakatan Paris, di mana kesepakatan itu ditujukan untuk membatasi pemanasan global.